PKM Pelatihan Media Pembelajaran Pop Up Book Bagi Guru SDN 39 Cilallang Kab. Majene

Lukman Lukman(1*), Yonathan S. Pasinggi2 Pasinggi(2), Ritha Tuken(3),

(1) Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Guru-Guru SDN 39 Cilallang Kab. Majene. Masalahnya adalah: (1) Kurangnya pemahaman guru-guru tentang pembuatan dan penggunaan media pembelajaran pop up book, (2) Kurangnya kemampuan guru-guru dalam pembuatan dan penggunaan media pembelajaran pop up book. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang ingin dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan tentang pembuatan media pembelajaran pop-up book, (2) mitra memiliki kemampuan menggunakan media pembelajaran pop-up book dalam pembelajaran.. Pelaksanaan pelatihan berjalan dengan baik dan peserta antusias dalam proses penyampaian materi serta praktik. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa guru memiliki pemikiran yang terbuka terhadap media pembelajaran pop up book. Selain itu, berdasarkan hasil timbal balik dari peserta, pelaksanaan pelatihan berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan penilaian instruktur yang mencapai 76% sangat baik, fasilitas pendukung 54% baik, dan kejelasan materi 70% sangat baik, serta perlu ada tindak lanjut kegiatan pelatihan.

 

Kata kunci: media pembelajaran, pop up book


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2005. Media Pembelajaran. RajaGrafindo Persada: Jakarta

Devi, A. S. & Maisaroh, S. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh Pandhawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia.3 (2): 1-16.

Mulianti, E. S. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pembelajaran Kelas II MI MA’ARIF Bego Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Tesis. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Noviyanti, E. 2017. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Literasi Sains di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional. 2017 PGSD UMK. 15 Maret 2017. 43-55


Article Metrics

Abstract view : 47 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.