Desain Modul Digital dengan Aplikasi Canva Bagi Guru Di Kabupaten Majene

Rahmatullah Rahmatullah(1*), Inanna Inanna(2), Nurjannah Nurjannah(3),

(1) Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar Jl. A.P. Pettarani, Kampus UNM Gunungsari Baru Makassar
(2) Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar Jl. A.P. Pettarani, Kampus UNM Gunungsari Baru Makassar
(3) Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar Jl. A.P. Pettarani, Kampus UNM Gunungsari Baru Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak: Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru akan pentingnya pembuatan modul digital pembelajaran, sebagai upaya perbaikan proses dan kualitas proses pembelajaran di sekolah. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan desain modul digital yang berlangsung selama (2) dua hari mulai tanggal 30 September sampai 1 Oktober 2022. Materi yang disampaikan terdiri dari 2 (dua) tema pokok yaitu konsep dasar modul pembelajaran dan praktek pembuatan modul digital. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 28 guru SMK Negeri 2 Majene. Metode penyampian materi pelatihan terdiri dari metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan drill.

 

Kata Kunci: Modul Digital, Guru SMK Negeri 2 Majene, Aplikasi Canva


Full Text:

PDF

References


Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran.

Arkün, S. & Akkoyunlu, B. 2008. A Study on the Development Process of a Multimedia Learning Environment According to the ADDIE Model and Students’ Opinions of the Multimedia Learning Environment. Interactive Educational Multimedia University of Barcelona.

Dalal, M. 2014. Impact of E-modul Tutorials in a Computer Science Laboratory Course–An Empirical Study. The Electronic Journal of e-Learning.

Kuncahyono. 2018. Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrsah Ibtidaiyah Education, 2 (2) 2018, p-ISSN: 2580-0868, e-ISSN: 2580-2739.

Muhammad Hasan, dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran. CV Tahta Media Group. Klaten, Jawa Tengah. ISBN: 978-623-6436-51-6

Rahmatullah, R., & Nurdiana, N. (2019). Pembelajaran kewirausahaan berbasis hand made. Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 173–176.

Rahmatullah. (2018). Pembelajaran Ekonomi Berjatidiri Bangsa. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5055

Rahmatullah, & Inanna. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(1), 19–25.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Rahmatullah, R., Inanna, I., Rakib, M., Mustari, M., & Rabania. (2020). Developing Tematic Economic Comic with Characters for Early Childhood. EST Journal of Educational Science and Technology, 6(3), 293–300.

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 5–7.

Syamsudin. 2005. Psikologi Pendidikan dan Perkembangan.Yogya: Rineka Cipta

Yulaika, N. F., Harti, & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis flip book untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76


Article Metrics

Abstract view : 177 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.