PKM DISEMINASI PENYUSUNAN SOAL BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS BAGI GURU MIPA SE-KABUPATEN GOWA

Khaeruddin Khaeruddin(1*), Fajar Arwadi(2),

(1) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. PKM Diseminasi Penyusunan Soal Berorientasi Higher Order Thinking Skills Bagi Guru MIPA Se-Kabupaten Gowa bertujuan untuk melatih guru-guru dalam hal penyusunan soal berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). Sasaran khusus dari kegiatan ini adalah guru-guru di Wilayah kecamatan Sombaopu dan sekitarnya. Metode yang digunakan adalah metode Demostrasi dan Tanya jawab penysunan soal HOTS . Adapun kegiatan ini dimulai dengan observasi lingkungan dan lembaga/instansi terkait, lalu dilakukan koordinasi dengan kepala dinas atau kepala LPMP terkait jadwal dan tempat pelaksanaan. Dilanjutkan dengan kegiatan inti berupa pelatihan penyusunan soal-soal HOTS. Hasil yang diperoleh adalah meningkatknya pengetahuan peserta pelatihan, khususnya dalam membuat soal-soal HOTS.

 

Kata kunci: HOTS, Soal HOTS


Full Text:

PDF

References


Awaliyah, S. (2018). Penyusunan soal HOTS bagi guru PPKN dan IPS Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 1(1), 46-53.

Laila, N. (2019). Meningkatkan kemampuan guru IPS dan PPKN dalam menyusun soal HOTS melalui workshop di kota Mojokerto. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(2), 19-24.

Merta, I.W., Lestari, N., & Setiadi, D. (2019). Teknik penyusunan instrumen higher order thinking skills (HOTS) bagi guru-guru SMP rayon 7 Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 48-53.

Salirawati, D., dkk. (2017). Pelatihan pengembangan soal HOT (higher order thinking) sebagai peningkatan kompetensi pedagogik guru. INOTEKS, 21(1), 14-25.

Salam, M. S. (2019). Penyusunan soal HOTS guru bahasa indonesia SMP negeri di kota Tulungagung. Jurnal Ilmiah NOSI, 7(2).

Tajudin, N. M., & Chinnappan, M. (2017). Role of higher order thinking skills in enhancing mathematical problem solving, Man in India, 97(17), 209-214.

Thomas, A., and Thorne, G. (2009). How To Increase Higher Order Thinking. Metarie, LA: Center for Development and Learning. Tersedia: http://www.cdl.org/resource-library/articles/HOT.php?type=subject&id=18.

Wahidmurni. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS: Pengembangan Standar Proses Pembelajaran IPS di Sekolah/Madrasah. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Workshop pengembangan soal higher order thinking skill (HOTS) bagi guru-guru MGMP IPS kabupaten malang pelatihan penyusunan. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 1(2), 73-79.

Widana, I. W. (2017). Higher order thinking skills assessment (HOTS). JISAE (Journal of Indonesian Student Assesment and Evaluation), 3(1), 32 - 44..


Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.