PKM KELOMPOK SANTRI MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN PADA PESANTREN HUSNUL KHATIMA POLMAN

Muhammad Farid(1*), Jumadin Jumadin(2), Ahmad Wahidiyat(3),

(1) Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) sebagai bentuk pelaksanaan tridarma perguruan tinggi bidang pengabdian, kegiatan pengabdian ini dalam bentuk pelatihan kewirausahaan kepada guru dan siswa pesantren husnul khatima di kabupaten polman, masalah pengabdian ini adalah : 1). Kurangnya pemahaman tentang konsep kewirausahaan, 2). kurangnya analisis dalam merencanakan bisnis yang akan dilaksanakan, dan 3). Kurangnya pengaplikasian tentang pemanfaatan platform digital dalam pemasaran produk. Metode yang digunakan dalam peltihan kewirausahaan pesanteren ini adalah, ceramah, diskusi, tanyajawab dan pendampingan, luaran dari pelatihan ini yaitu 1). Peningkatan pemahaman tentang konsep kewirausahaan dan penguatan karakter wirausaha bagi guru dan siswa, 2). Kemampuan peserta untuk merancang bisnis dengan model yang sederhana dan mudah dilaksanakan, dan 3). Pengaplikasian digital marketing dalam pemasaran produk untuk kemudahan menjangkau konsumen.

Kata Kunci : Santri, Kewirausahaan, Digital Marketing


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, A., & Sobari, I. S. (2020). Membangun Jiwa Kewirausahaan Di Era Milenial Bagi Mahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 140–144.

Farid, M., Nurabdiansyah, Jumadin. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Aplikatif Bagi UMKM, Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, UNM, Makassar, 3 November 2020, pp. 927-929.

Farid, M., Idrus, Saharuna (2021). Pelatihan Kewirausahaan Model Santripreneur di Pondok Pesantren. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, UNM, Makassar 2021. Hal. 752-755

Gunawan, A. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha Di Sekolah SMA Desa Karangasih Cikarang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 1(1), 38–45.

Ismail Et All. (2020). Ibm Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Dan Menggali Ide Usaha Baru. Jurnal Pengabdian Nasional (Jpn) Indonesia,1(1),16–22.

Muis, I., Usman, M., Anwar, H., Lukman, Irfan, Djangi, M.J., Syam, R., Diyahwati, Farid, M., Husain, H., Tawani, R. (2016) Kewirausahaan, Edisi Pertama, Makassar: Badan Penerbit UNM.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia (PMA) Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam.


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.