PKM PELATIHAN PEMBUATAN ROTI MANIS VARIASI ISI

Haerani Haerani(1*), Rissa Megavitry(2), Besse Qurani(3), Rika Riwayani(4),

(1) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FT Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FT Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FT Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FT Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak, Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) telah dilaksanakan di Kelurahan Sendana, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat. Kelompok mitra membutuhkan pengetahuan tentang pentingnya pengolahan beragam jenis produk makanan  pada masa pandemi Covid-19, permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan PKM ini berfokus untuk menyelesaikan permasalahan mitra, sebagai berikut: (1) mitra sasaran kurang memiliki kemampuan dalam pembuatan roti manis variasi isi, (2) mitra sasaran kurang mengenal alat dan bahan yang digunakan untuk membuat roti manis variasi isi, dan (3) mitra sasaran kurang memiliki solusi alternatif peluang usaha di masa pandemi.  Adapun solusi yang ditawarkan kepada mitra adalah (1) memberikan penyuluhan kepada mitra dalam hal ini ibu- ibu rumah tangga agar memiliki kemampuan dalam pembuatan roti manis variasi isi, (2) memberikan penyuluhan kepada mitra dalam hal ini ibu-ibu rumah tangga agar memiliki pengetahuan tentang alat dan bahan yang digunakan untuk membuat roti manis, dan (3) memberikan penyuluhan kepada mitra dalam hal ini ibu-ibu rumah tangga agar memiliki solusi alternatif peluang usaha di masa pandemi. Tim pengabdi mengawali kegiatan pelatihan perawatan rambut rontok bagi ibu-ibu rumah tangga dengan menjelaskan alat, bahan dan kosmetik yang digunakan, kemudian menjelaskan fungsi dan manfaat dari perawatan rambut rontok. Selanjutnya melaksanakan demonstrasi perawatan rambut rontok oleh pengabdi dengan memilih seseorang dan di ikuti oleh peserta pelatihan. Setelah dilakukan pelatihan maka diperoleh hasil :  (1) Kelompok mitra telah memiliki kemampuan dalam pembuatan roti manis variasi isi, (2) Kelompok mitra mengetahui alat dan bahan yang digunakan untuk membuat roti manis variasi isi, (3) Sebagai solusi alternatif peluang usaha di masa pandemi

Kata Kunci : Pemberdayaan, Pelatihan, Roti Manis Variasi Isi.


Full Text:

PDF

References


Arlene, A., Witono, J. R., & Fransisca, M. (2009). Pembuatan roti tawar dari tepung singkong dan tepung kedelai. Disampaikan Pada Simp Nas RAPI, 8, 2009.

Astuti, R. M. (2015). Pengaruh penggunaan suhu pengovenan terhadap kualitas roti manis dilihat dari aspek warna kulit, rasa, aroma dan tekstur. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 2(2).

Justicia, A., Liviawaty, E., & Hamdani, H. (2012). Fortifikasi tepung tulang nila merah sebagai sumber kalsium terhadap tingkat kesukaan roti tawar. Jurnal Perikanan Kelautan, 3(4).

Pato, U., Restuhadi, F., Ali, A., & Ulfah, R. (2013). Evaluasi Mutu Dan Daya Simpan Roti Manis Yang Dibuat Melalui Substitusi Tepung Terigu Dengan Pati Sagu Dan Mocaf. Jurnal Sagu, 11(1).

Syukur, M., Sujiprihati, S., & Koswara, J. (2009). Ketahanan terhadap Antraknosa yang Disebabkan oleh Colletotrichum acutatum pada Beberapa Genotipe Cabai (Capsicum annuum L.) dan Korelasinya dengan Kandungan Kapsaicin dan Peroksidase. Jurnal Agronomi Indonesia (Indonesian Journal of Agronomy), 37(3).


Article Metrics

Abstract view : 81 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.