PKM Pelatihan Vokasi Anak Berkebutuhan Khusus

Haerani Nur(1*), Eka Sufartianinsih Jafar(2),

(1) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Komunitas Orangtua Anak Down Syndrome. Masalahnya adalah: (1) kurangnya layanan yang dapat memfasilitasi kemandirian secara ekonomi bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang beranjak dewasa, (2) wawasan orangtua dalam memandang ABK hanya terfokus pada kemampuan akademik dan kurang memperhatikan potensi lain yang dimiliki anak, (3) belum diketahuinya minat dan kemampuan kerja ABK, dan (4) terbatasnya pelatihan dan pendampingan kewirausahaan yang dapat menunjang masa depan ABK. Sasaran eksternal adalah pelatihan vokasi bagi Anak Berkebutuhan Khusus untuk mengenali potensi ABK melalui eksplorasi minat dan kemampuan kerja ABK. Metode yang digunakan adalah:, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki wawasan tentang potensi karir ABK, tidak berfokus pada kemampuan akademik saja, (2) mitra memiliki pengalaman untuk mengeksplor berbagai jenis minat dan keterampilan vokasi pada ABK, (3) mitra memiliki gambaran mengenai keterampilan kerja yang dapat menunjang kemandirian ekonomi ABK, (4) ABK mampu mengembangkan kemampuan vokasional dan kewirausahaan, dan (5) ABK mampu menghasilkan berbagai produk yang layak jual dan berlatih memasarkan produk pada konsumen.

 

Kata kunci: vokasi, minat, keterampilan kerja, kemandirian ekonomi, ABK


Full Text:

PDF

References


KaledraNews. (2021). Inilah Data Lengkap Sebaran Pendidikan Inklusif (SPPPI) Jenjang SD di Indonesia. https://www.kalderanews.com. Diakses tanggal 3 Maret 2022

Nur, H & Widyastuti. (2019). PKM Pendataan ABK di Kota Makassar. Prosiding. Seminat Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. LP2M Universitas Negeri Makassar Tahun 2019.

Van Tiel, M. (2011). Pendidikan Anakku Terlambat Bicara. Jakarta: Prenada

Jannah, M. (2020). Studi Deskripsi: Perekonomian Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Terhadap Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(1), 49-58.

Nur, H., & Sufartianinsih, E. (2020). Pusat Layanan Informasi Anak Berkebutuhan Khusus (PLI ABK). In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Nur & Widyastuti. (2014). Dinamika Psikologis Ibu dengan Anak Terlambat Bicara. Prosiding Temu Ilmiah Psikologi Psychofest.

Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33-40.

Abdullah, N. (2013). Mengenal anak berkebutuhan khusus. Magistra, 25(86), 1.

Sugini, S., Sunardi, S., Martika, T., & Prakosha, D. (2022). Kesiapan Sekolah Luar Biasa dalam Memfasilitasi Post-School Transition Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. SPEED Journal: Journal of Special Education, 5(2), 67-71.

Wahyuni, F. S., Hufad, A., & Supriatna, S. (2020, September). Pelaksanaan Pranata Pendidikan di Sekolah Inklusi. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 11, No. 1, pp. 1192-1199).

Puspawati, D., Praswati, A. N., & Wahyuddin, M. (2019). Analisis Program Pemberdayaan Difabel Menuju Kemandirian Ekonomi. Seminar Nasional dan The 6th Call For Syariah Paper (SANCALL) 2019.

Fauzi, E., Aprilia, I. D., & Homdijah, O. S. (2021). Keterampilan Vokasional Analisis Kebutuhan Magang Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1866-1876.

Supriyanto, S. (2020). Pengelolaan Layanan Keterampilan Vokasional Siswa Tunarungu. Jurnal Inspiras Manajemen Pendidikan, 8(3), 167-177.

Priyanti, M. M., Sudariyah, S., Mahmudah, L., & Salimi, M. (2016, August). Upaya Pemberdayaan Anak Berkebutuhan Khusus melalui Pembelajaran Kewirausahaan di SLB Negeri Purworejo. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Abdullah, N. (2013). Mengenal anak berkebutuhan khusus. Magistra, 25(86), 1.

Farid, A. (2021). Menggali Potensi Minat Dan Bakat Siswa Inklusif Di Sekolah Metal Dengan Parenting, Konseling, Dan Skill Education. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(1), 140-151.

Nur, H. (2019). Proses perubahan harapan ibu dengan anak terlambat bicara. In Seminar Nasional LP2M UNM (Vol. 1, No. 1).


Article Metrics

Abstract view : 55 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.