PKM: Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru di SD

Muslimin Muslimin(1*), Muhammad Asrul Sultan(2), Rasmi Djabba(3),

(1) Prodi PGSD, Universitas Negeri Makassa
(2) Prodi PGSD, Universitas Negeri Makassa
(3) Prodi PGSD, Universitas Negeri Makassa
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pengembangan kompetensi profesional guru menekankan pada kemampuan guru untuk menulis karya tulis berupa tinjauan atau ulasan ilmiah pada bidang yang akan diajarkan dan menulis dan melakukan penelitian tindakan kelas (action research) terhadap apa yang akan dilakukan di dalam kelas. Pengembangan profesional guru inilah yang menuntut para guru melakukan penelitian di dalam kelasnya sendiri dan melaporkan hasil penelitian yang dil- akukannya dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan mutu pembelajaran tanpa harus meninggalkan tugasnya. 

 

Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Guru


Full Text:

PDF

References


Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran DI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1–19. https://doi.org/http:// dx.doi.org/10.30659/pendas.1.1.1-19.

Kasmiati, A., Kamaruddin, H., & Yulia. 2021. Penerapan Model koopertif tipe think talk write pada pembelajran matematika studi kasus siswa sekolah dasar kabupaten soppeng. Journal Of Education, 1 (1), 37.

Kunlasomboon, N., Wongwanich, S., & Suwanmonkha, S. (2015). Research and Development of Classroom Action Research Process to Enhance School Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 1315–

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.20 15.01.248.

Kusumah, Wijaya & Dwitagama, Dedi. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Kedua. Indeks: Jakarta.

Sulasmi, E. 2021. Buku Ajar Kebijakan dan Permasalahan Pendidikan. Medan: Umsu Press.

Undang-Undang republik indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.