PKM PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA JERMAN BERBASIS WEB BERDASARKAN MEDIA SOSIAL BAGI IGBJI SULAWESI BARAT

Laelah Azizah(1*), Ambo Dalle(2), Misnah Mannahali(3),

(1) Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. PkM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru yang tergabung dalam Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI) Sulawesi Barat terkait pengembangan bahan ajar Bahasa Jerman berbasis Web Berdasarkan media sosial. Saat ini media sosial tidak hanya digunakan untuk hiburan semata, tetapi media sosial dapat pula digunakan sebagai media pembelajaran, dalam hal ini pembelajaran bahasa Jerman. Penggunaan media sosial ini menjadi aplikasi pembelajaran yang interaktif yang dapat diterapkan oleh guru-guru bahasa Jerman dan bagi siswa, media sosial ini terasa menyenangkan dan dapat memudahkan siswa dalam mempelajari bahasa Jerman. Seperti yang diketahui bahwa siswa-siswa saat ini adalah siswa yang termasuk dalam generasi Z atau generasi yang aktif terhadap penggunaan media sosial. Berkaitan dengan hal tersebut, perlu diadakan pelatihan kepada guru-guru bahasa Jerman yang ada di Sulawesi Barat terkait penggunaan media sosial dalam pembelajaran bahasa Jerman agar guru-guru tidak tertinggal terhadap zaman digitalisasi. Dengan adanya kegiatan PkM ini, diharapkan guru-guru dapat mengimplementasikan media sosial sebagai media pembelajaran digitalisasi yang efektif, menarik, dan menyenangkan bagi siswa-siswa.

 

Kata kunci: Bahan Ajar, Bahasa Jerman, Web, IGBJI, Sulawesi Barat


Full Text:

PDF

References


Amarulloh, A., Surahman, E., & Meylani, V. (2019). Refleksi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1).

Azizah, L., Anwar, M., & Alamsyah, A. PKM bahan ajar berbasis web bagi guru di Pancana Kabupaten Barru. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2019, No. 7).

Azizah, L., Asri, W. K., & Mannahali, M. (2020). Development of Learning Media for Listening Skills of German Language Based on Web DaF (Deutsch als Fremdsprache) for Students High School in Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 4(1).

Efendi, N. M. (2018). Revolusi pembelajaran berbasis digital (Penggunaan animasi digital pada start up sebagai metode pembelajaran siswa belajar aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173-182.

Parumbuan, M. D. (2017). Pengembangan bahan ajar berbasis web untuk matakuliah desain pesan. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 2(2), 323-329.

Purmadi, A., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan bahan ajar berbasis web berdasarkan gaya belajar siswa untuk mata pelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 151-165.

Wijayati, N., Kusuma, E., & Sumarti, S. S. (2019). Pembelajaran berbasis digital di jurusan kimia FMIPA Unnes. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Zazin, N., & Zaim, M. (2020, September). Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial pada Generasi-Z. In Proceeding Antasari International Conference (Vol. 1, No. 1).


Article Metrics

Abstract view : 44 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.