Pelatihan Budidaya Jamur Tiram pada Anggota MGMP Biologi SMA Kabupaten Takalar

Hartono Hartono(1*), Oslan Jumadi(2), Andi Rahmat Saleh(3), Siti Saenab(4), Marsito Marsito(5),

(1) Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(4) Prodi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(5) Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Kabupaten Takalar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi SMA Kabupaten Takalar. Masalah yang dihadapi oleh anggota kelompok mitra adalah masih terbatasnya pengetahuan dan keterampilan guru-guru Biologi dalam mengajarkan dan mempraktekkan teknik budidaya jamur tiram kepada siswa. Permasalahan ini menjadi salah satu faktor penghambat bagi guru biologi di Kabupaten Takalar dalam melaksanakan proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan metode praktikum. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa anggota kelompok mitra mendapatkan manfaat langsung dari kegiatan PKM yang dilaksanakan dalam hal peningkatan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam membudidayakan jamur tiram khususnya pada aspek pembuatan media pertumbuhan jamur tiram, pembuatan bibit jamur tiram, teknik inokulasi bibit dan pemeliharaan jamur tiram. Peserta juga merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh tim PKM selama kegiatan pelatihan berlangsung.

.

Kata kunci: Jamur tiram, teknik budidaya, PKM, MGMP Biologi, Kabupaten Takalar


Full Text:

PDF

References


Achmad, Herliyana, E.N., Siregar, I.Z., & Permana, O. 2011. Karakter morfologis dan genetik jamur tiram (Pleurotus spp.). J. Hort., 21(3), 225-231.

Cahyana, Muchroji, Bakrum M. 1997. Pembibitan, Pembudidayaan dan Analisis Usaha dan Budidaya Jamur Tiram. Penebar

Swadaya. Jakarta

Djarijah, N.M., Djarijah A, S. 2001. Jamur Tiram Pembibitan, Pemeliharaan dan Pengendalian Hama-Penyakit. Kanisius. Yogyakarta

Hadioetomo, R. S., 1985, Mikrobiologi Dasar-dasar Praktik, Gramedia, Jakarta

cit Ismiyati, 2004, Identifikasi Bakteri dari Tinja pasien diare di Rumah

Sakit Islam Klaten, Skripsi, Fakultas Farmasi, UMS, Surakarta

Hardi Soenanto. 2000. Budidaya Jamur Tiram Edisi I. CV Aneka Ilmu. Semarang

Habibi, H., Fitrianti, S. 2018. Analisis Biaya dan Pendapatan Budidaya Jamur Tiram Putih di (P4S) Nusa Indah Kabupaten Bogor,” J. Agribus. Community Empower., vol. 1, no. 1, pp. 1–9.

Kurniawan, A.D., Muldayanti, N.D. 2019. Budidaya Jamur dan Pembuatan Media Tumbuh Jamur Tiram. Buletin Al-Ribaath. Vol. 16, No. 2.

Riyanto, F. 2010. Pembibitan Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) di Balai Pengembangan dan Promosi Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPPTPH) Ngipiksari Sleman, Yogyakarta. Tesis, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Putra, D., Salihat, R., & Desi, Y. 2021. PKM Usaha Produksi Jamur Tiram dan Olahannya di Nagari Bisati Sungai Sariak Kecamatan VII Koto Kabupaten Padang Pariaman. Logista - jurnal ilmiah pengabdian kepada masyarakat, 5(1), 153-160. Doi:10.25077/logista.5.1.153-160.2021.

Puspitasari, Riris L. 2015. Pleurotus ostreatus sebagai Nutrisi Pertumbuhan pada Mus musculus." Seminar Nasional Konservasi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam 2015, Surakarta, Indonesia, January 2015. Universitas Sebelas Maret.

Restuati, M., Pulungan, A, S, S., Syahputra, R, A., Sutiani, A., Silitonga, P, A., Pratiwi, N., Gultom, R. 2021. Pengembangan Budidaya Jamur Tiram di Lingkungan Kampus FMIPA UNIMED. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat., 5 (1), 83-92.

Widiyastuti, B. 2009. Budidaya jamur Kompos. Penebar Swadaya. Jakarta.

Wulan, C.R., Sri T., & Arif W. 2007. Pengaruh Penambahan Bekatul pada Media Tanam Terhadap Hasil dan Kandungan ProteinJamur Tiram (Pleurotus ostreatus). Jurnal Pertanian. Vol. 1 No. 1.


Article Metrics

Abstract view : 59 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.