PKM SOSIALISASI KEOLAHRAGAAN DENGAN MASSAGE DANFISIOTERAPI CABANG OLAHRAG SEPAKBOLA CLUB SIRLAP, KELURAHAN MAROANGIN, KECAMATAN SIBULUE

Dahlan Dahlan(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK: Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan atlet dan pelatih Club sepakbolah sirlap, kelurahan maroanging, kecamatan sibulue tentang massage dan fisioterapi. Objek dari pengabdian ini adalah atlet dan pelatih sepakbola Club SIRLAP.

Hasil pelatihan dari pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa: (1) Dari segi teori, pelatih pemula yang mengikuti kegiatan pelatihan massage dan fisioterapi mengalami peningkatan pengetahuan kurang lebih 95% dari seluruh peserta yang hadir, dan meningkatkan pemahaman tentang manfaat dan pentingnya massage dan fisioterapi. (2) Sedangkan dari hasil evaluasi praktek pelatihan massage dan fisioterapi, sekitar 100% atlet dan pelatih yang mengikuti pelatihan menunjukan penigngkatan kemampuan yang sangat baik dalam mengaplikasikan massage dan fisioterapi, sehingga peserta langsung merasakan efek dan manfaatnya. (3) Evaluasi antara teori dan praktek dalam pelaksanaan pelatihan massage dan fisioterapi menunjukkan terjadinya singkronisasi yang sangat baik dengan tingkat keberhasilan sekitar 95 % dari seluruh peserta yang mengikuti PKM atlet club Sepakbolah SIRLAP Kelurahan Maroanging, Kecamatan, Sibulue, Kabupaten Bone, Propinsi Sulawesi Selatan.

 

KATA KUNCI: Massage Dan Fisioterapi, Club Sepakbola SIRLAP

Full Text:

PDF

References


anggraini, d. (2021). hubungan antara internal locus of control dan dukungan orang tua dengan motivasi berprestasi pada atlet remaja sekolah sepak bola di kota samarinda.

badaru, b., & juhanis, j. (n.d.). pkm penerapan therapy massage sport injury pada cedera engkel atlet gulat sulawesi selatan. seminar nasional pengabdian kepada masyarakat.

chan, f. (2012). strength training (latihan kekuatan). cerdas sifa pendidikan, 1(1).

dahlan. (2022). efek latihan zig – zag run dan boomerang run terhadap keterampilan menggiring bola. jambura journal of sports coaching, 1(2022), 109–120.

giriwijoyo, s., ray, h. r. d., & sidik, d. z. (2020). kesehatan, olahraga, dan kinerja. bumi medika.

iwan, f. (2020). pengaruh massage olahraga sebelum latihan terhadap tingkat kelincahan atlet bulutangkis pb. sam mobil di kecamatan batang-batang tahun 2019. stkip pgri sumenep.

naufal, a. f., & zein, r. h. (2019). latihan fisik dan pembatasan kalori merubah tipe serat otot rangka. proceeding of the urecol, 110–116.

prastya, a. h., susila, g. h. a., & suastini, n. n. (2019). pelatihan sport massage pada siswa sekolah luar biasa negeri 1 buleleng-bali. widya laksana, 8(2), 175–180.

sneyers, j. (2019). sepak bola remaja: petunjuk dan latihan bagi kesebelasan remaja. rosda jayaputra.

sutami dwi lestari, s., & wulan wangi, w. (2022). istilah berbahasa inggris di cabang olahraga sepakbola (soccer term glossary). jurnal ilmu olah raga dan kesehatan, 8(2), 51–60.

trisnowiyanto, b. (2016). pengaruh latihan konvensional dan akuatik pada pemulihan kemampuan motorik penyandang hemiparesis pasca stroke infark. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Pascasarjana UM, 541–548.


Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.