PKM Peningkatan Keterampilan Softskill dan Hardskill Materi Zat Padat dalam Pembelajaran Fisika

Agus Susanto(1*), Eko Hadi Sujiono(2), Vicran Zharvan(3),

(1) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Telah dilakukan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di SMP Negeri 1 Sungguminasa Gowa. Kegiatan PKM ini diadakan bersama dengan mitra yaitu guru-guru IPA dalam lingkup SMP Negeri 1 Sungguminasa. Fokus dari kegiatan ini adalah membekali keterampilan hardskill dan softskill dalam pembelajaran IPA terkhusus pada materi zat padat.dan memberikan pelatihan pembelajaran IPA bagi guru. Lebih rinci, kegiatan ini memberikan informasi kepada para mitra dalam hal ini guru di SMP Negeri 1 Sungguminasa Gowa terkait bagaimana memilih metode pengajaran dan penerapan pembelajaran berbasis proyek yang mendukung kegiatan pembelajaran sesuai dengan kurikulum merdeka. Dalam menambah ketertarikan peserta didik, guru diberikan juga pelatihan pembuatan simulasi terkait penggambaran struktur kristal dalam suatu zat padat sehingga dapat memberikan gambaran kepada peserta didik terkait susunan-susunan atom dalam suatu padatan.

 

Kata kunci: PKM, softskill, hardskill , zat padat, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Hadi, A. (2014). Dinamika Sistem Institusi Pendidikan di Aceh. Jurnal Ilmiah Peuradeun.

Hendriyana, A., Mulyani, S., & Miswadi, S. (2013). Pengembangan Software Pembelajaran Mandiri (Spm) Materi Sistem Periodik Unsur Dan Struktur Atom. Journal of Innovative Science Education.

Magdalena, Z. (2017). Penerapan Metode Simulasi Berbantuan Media Bongkar Pasang Konfigurasi Elektron Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konfigurasi Elektron dan Sistem Periodik Unsur di Kelas XI IPA MAN 2 Paringin. Quantum (Jurnal Inovasi Pendidikan Sains).

Manik, T. (2013). Analisis Pengaruh Kemakmuran, Ukuran Pemerintah Daerah, Inflasi, Intergovermental Revenue dan Kemiskinan Terhadap Pembangunan Manusia dan Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Organisasi dan Manajemen.

McKagan, S. (2007). veloping and Researching PhET simulations for Teaching Quantum Mechanics. Physics Education Research.

Psyharis, S., & Fotini, P. (2007). Enhance Learning Based on hological Indexes and Individual Preferences for a Physics Course Using An Adaptive Hypermedia Leaming Enviro. The International Journal of Learning.

Putz, H., & Brandenburg GBR, K. (2018). Manual Diamond 4.pdf.

Sudirman, A. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Supardi, S., Imam, K., Putri, & Rahning, I. (2010). Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia Dari Internet Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia.

Widiyowati, & Intan, I. (2014). Hubungan Pemahaman Konsep Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur Dengan Hasil Belajar Kirnia Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia. Pancaran.

Wiroatmojo, P., & Sasonoharjo. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: LAN RI.

Yumna, Y., Cawang, C., & Hadiarti, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Konfigurasi Elektron Kelas X SMA Negeri 5 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah.


Article Metrics

Abstract view : 237 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.