PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN POLA DASAR BUSANA PRAKTIS

Sri Astuty(1*), Citra Ayni Kamaruddin(2), Marhawati Marhawati(3), Diah Retno Dwi Hastuti(4), Abd. Rahim(5),

(1) Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(4) Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(5) Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan terutama ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang. Dalam pengabdian ini akan diberikan pelatihan cara mengukur ukuran busana dan membuat pola pakaian dasar yang praktis. Diharapkan dengan keterampilan ini, para ibu rumah tangga di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar mampu mengembangkannya dan dijadikan sebagai suatu usaha kesejahteraan mereka meningkat. Adapun kegiatan yang dilakukan selama pelatihan ini adalah (a) memberikan teori atau pengetahuan ke ibu rumah tangga tentang cara memanfaatkan waktu luang, (b) cara membuat pola dasar pakaian dengan skala ¼, (c) cara membuat pola dasar dengan ukuran sebenarnya, (d) cara membuat pola dasar badan, rok dan lengan, (d) sesi demo mengukur, membuat pola dasar dengan skala dan ukuran sebenarnya, dan membuat pola dasar badan, rok dan lengan. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa para peserta paham tentang cara pembuatan pola dasar pakaian dan membuat pakaian sendiri sesuai dengan ukuran masing-masing atau menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan keluarga.

 

Kata kunci: pola dasar busana, pemberdayaan perempuan, peningkatan pendapatan


Full Text:

PDF

References


Ade, N. (2021). Liputan 6. Diambil kembali dari Liputan 6: https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4500925/pekerja-disabilitas-minim-tak-sebanding- dengan-jumlah-penyandang-di-indonesia

Dassucik, Yuliana, D., Sahwari., Rasyidi, A.H., Astindari, T & Agusti. (2022). Peningkatan Kreativitas Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Pola Dasar Baju di Desa Kedungdowo. J-Abdi, 2(5), 4873-4880.

Marhawati., Syam.A., & Nurdiana. (2018). Pemberdayaan Perempuan dalam Pembuatan Pola Dasar Busana untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Kabupaten Pangkep. Jurnal Dedikasi: 20(1): 26-29.

Taufik,F. (2020). Okezone. Diambil kembali dari https://economy.okezone.com/read/2020/07/08/320/2243216/oecd-prediksi-setengah-umkm- gulung-tikar-teten-masduki-saya-khawatir

Tuwu, D. (2018). Peran Pekerja Perempuan Dalam Memenuhi Ekonomi Keluarga: Dari Peran Domestik Menuju Sektor Publik. Al Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1), 63-76.


Article Metrics

Abstract view : 55 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.