PKM Pelatihan Desain Pembelajaran Abad 21 untuk Pendidik di Kabupaten Pangkep
(1) Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(3) Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Pelatihan Desain Pembelajaran Abad 21 untuk Pendidik di Kabupaten Pangkep ini bertujuan untuk melatih Guru SMA di Pangkep dalam mendesain pembelajaran Abad ke-21. Pelatihan ini dapat membantu pendidik mempelajari bagaimana 21CLD mendukung pengintegrasian teknologi pembelajran, dan lainnya, ke dalam kurikulum mereka. Dimensi dalam pembelajaran 21CLD terdiri dari Konstruksi pengetahuan, Kolaborasi, Pemecahan masalah dan inovasi dunia nyata, Komunikasi yang terampil, Regulasi diri, dan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pembelajaran. Kegiatan PKM ini dilaksanakan dalam bentuk upgrading untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru-guru MGMP Matematika di Kabupaten Pangkep tentang Desain Pembelajaran menggunakan keterampilan 4C. Pelatihan ini dapat menambah pengetahuan mitra dalam hal merancang pembelajaran berdasarkan kerangka pendidikan Abad 21.
Kata kunci: Desain Pembelajaran Abad 21, Keterampilan 4C, Dimensi 21CLD, Pelatihan
Full Text:
PDFReferences
Abuddin N, 2022. Pendidikan Karakter untuk Menjawab Tantangan Abad 21. http://abuddin.lec.uinjkt.ac.id/articles/pendidikan-karakter-untuk-menjawab-tantangan-abad-ke-21-1
Chaeruman, U. A., (2005). Mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ke dalam proses pembelajaran: apa, mengapa dan bagaimana?. Jurnal Teknodik, 9(16), 46- 59. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/536
Herman, A, 2021. Desain Pembelajaran Abad 21 (21st Century Learning Design). https://hermananis.com/desain-pembelajaran-abad-21
Hermananis. 2021. Desain Pembelajaran Abad 21 (21st Century Learning Design). https://hermananis.com/desain-pembelajaran-abad-21/
Microsoft Learn. (2022a, Juni 24). Develop critical thinking skills with the 21CLD knowledge construction dimension. https://learn.microsoft.com/en-us/training/modules/develop-critical-thinking-skills-with-21cld/introduction-knowledge-construction
Microsoft Learn. (2022b, Juni 24). Deepen educational experiences with the 21CLD ICT for learning dimension. https://learn.microsoft.com/en-us/training/modules/deepen-educational-experiences/introduction-ict-learning
Microsoft Learn. (2022c, Juni 24). Innovate learning with the 21CLD real-world problem solving and innovation dimension. https://learn.microsoft.com/en-us/training/modules/innovate-learning-21cld/introduction-real-world-problem-solving-innovation
Microsoft Learn. (2022d, Juni 24). Develop learner executive function with the 21CLD self-regulation dimension. https://learn.microsoft.com/en-us/training/modules/develop-learner-executive-function/introduction-to-self-regulation
Microsoft Learn. (2022e, Juni 24). Improve communication skills with the 21CLD skilled communication dimension. Design learning experiences with the skilled communication rubric - Training | Microsoft Learn
Microsoft Learn. (2022f, Juni 24). Practice collaborative skills with the 21CLD collaboration dimension. https://learn.microsoft.com/en-us/training/modules/practice-collaborative-skills-21cld-collaboration/introduction-collaboration
P21. 2011. Framework for 21st Century Learning. Washington DC, Partnership for 21st Century Skills. https://education-reimagined.org/resources/partnership-for-21st-century-learning/
Article Metrics
Abstract view : 82 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.