PKM Pelatihan Desain Pembelajaran Abad 21 untuk Pendidik di Kabupaten Pangkep

Nurwati Djam’an(1*), Baso Intang Sappaile(2), Hamda Hamda(3),

(1) Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(3) Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pelatihan Desain Pembelajaran Abad 21 untuk Pendidik di Kabupaten Pangkep ini bertujuan untuk melatih Guru SMA di Pangkep dalam mendesain pembelajaran Abad ke-21. Pelatihan ini dapat membantu pendidik mempelajari bagaimana 21CLD mendukung pengintegrasian teknologi pembelajran, dan lainnya, ke dalam kurikulum mereka. Dimensi dalam pembelajaran 21CLD terdiri dari Konstruksi pengetahuan, Kolaborasi, Pemecahan masalah dan inovasi dunia nyata, Komunikasi yang terampil, Regulasi diri, dan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pembelajaran. Kegiatan PKM ini dilaksanakan dalam bentuk upgrading untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru-guru MGMP Matematika di Kabupaten Pangkep tentang Desain Pembelajaran menggunakan keterampilan 4C. Pelatihan ini dapat menambah pengetahuan mitra dalam hal merancang pembelajaran berdasarkan kerangka pendidikan Abad 21.

 

Kata kunci: Desain Pembelajaran Abad 21, Keterampilan 4C, Dimensi 21CLD, Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Abuddin N, 2022. Pendidikan Karakter untuk Menjawab Tantangan Abad 21. http://abuddin.lec.uinjkt.ac.id/articles/pendidikan-karakter-untuk-menjawab-tantangan-abad-ke-21-1

Chaeruman, U. A., (2005). Mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ke dalam proses pembelajaran: apa, mengapa dan bagaimana?. Jurnal Teknodik, 9(16), 46- 59. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/536

Herman, A, 2021. Desain Pembelajaran Abad 21 (21st Century Learning Design). https://hermananis.com/desain-pembelajaran-abad-21

Hermananis. 2021. Desain Pembelajaran Abad 21 (21st Century Learning Design). https://hermananis.com/desain-pembelajaran-abad-21/

Microsoft Learn. (2022a, Juni 24). Develop critical thinking skills with the 21CLD knowledge construction dimension. https://learn.microsoft.com/en-us/training/modules/develop-critical-thinking-skills-with-21cld/introduction-knowledge-construction

Microsoft Learn. (2022b, Juni 24). Deepen educational experiences with the 21CLD ICT for learning dimension. https://learn.microsoft.com/en-us/training/modules/deepen-educational-experiences/introduction-ict-learning

Microsoft Learn. (2022c, Juni 24). Innovate learning with the 21CLD real-world problem solving and innovation dimension. https://learn.microsoft.com/en-us/training/modules/innovate-learning-21cld/introduction-real-world-problem-solving-innovation

Microsoft Learn. (2022d, Juni 24). Develop learner executive function with the 21CLD self-regulation dimension. https://learn.microsoft.com/en-us/training/modules/develop-learner-executive-function/introduction-to-self-regulation

Microsoft Learn. (2022e, Juni 24). Improve communication skills with the 21CLD skilled communication dimension. Design learning experiences with the skilled communication rubric - Training | Microsoft Learn

Microsoft Learn. (2022f, Juni 24). Practice collaborative skills with the 21CLD collaboration dimension. https://learn.microsoft.com/en-us/training/modules/practice-collaborative-skills-21cld-collaboration/introduction-collaboration

P21. 2011. Framework for 21st Century Learning. Washington DC, Partnership for 21st Century Skills. https://education-reimagined.org/resources/partnership-for-21st-century-learning/


Article Metrics

Abstract view : 82 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.