PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS PEMBELAJARAN ABAD 21 BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Muhammad Amran(1*), Muslimin Muslimin(2), Adnan .K(3),

(1) Prodi Pendidikan Guru Sekolag Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Guru Sekolag Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Guru Sekolag Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG), Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Masalahnya adalah: kemampuan guru dalam membuat bahan ajar  IPA SD masih kurang atau rendah. Sasaran kegiaan adalah guru SD yang ada di Kecamatan Gantarang. Metode yang digunakan adalah: ceramah, , diskusi, dan praktek. Hasil yang dicapai adalah 1) peserta sudah memahami tentang pentingnya bahan ajar IPA SD dalam pembelajaran IPA khsusunya berkaitan dengan kuirkulum 2013, 2) peserta sudah memahami langkah-langkah pembuatan bahan ajar IPA  3) peserta sudah mampu membuat bahan ajar IPA  secara mandiri serta menerapkannnya dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci: Bahan Ajar, Guru


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2005). Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Dit. Ketenagaan Ditjen Dikti.

Ibrahim Bafadal.(2003). Peningkatan profesionalisme guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Muslimin dan Amran. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Interactive Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa PGSD FIP UNM. Jurnal JIKAP PGSD, hal. 56-61.

Pannen, P., Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

R. Rachmadtullah, Z. Ms, and M. S. Sumantri. (2018). “Development of computer - based interactive multimedia : study on learning in elementary education,” Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 4, pp. 2035– 2038.

Sudrajat, A. (2008). Pengembangan bahan ajar Diakses tanggal 03 Mei 2022 dari http://akhmadsudrajat.word press.com/2008/01/24/download pengembangan-bahan-ajar/

Sumaji, dkk. (1998). Pendidikan sains yang humanistis. Yogyakarta: Kanisisus.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.


Article Metrics

Abstract view : 60 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.