ALAT CUCI TANGAN BERBASIS RELAY RASPBERRY BAGI SISWA DAN GURU SMK SOMBA OPU GOWA

Yunus Tjandi(1*), Zulhajji Zulhajji(2), Marthen Paloboran(3),

(1) Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan yang ingin dicapai pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini  adalah: (1) Meningkatkan pengetahuan Siswa dan Guru SMK Somba Opu Gowa(Mitra) tentang pembuatan Software Alat Cuci Tangan Berbasis Relay Raspberry yang berfungsi untuk mengendalikan secara otomatis jalannya air keluar dari bak kontrol yang terpasang di depan Gedung/kantor/Sekolah yang dapat dikendalikan baik dari jarak dekat maupun dari jarak jauh dengan menggunakan jaringan Internet, sehingga lebih aman,  (2) Meningkatkan keterampilan Siswa dan Guru SMK Somba Opu Gowa  dalam pembuatan  dan pemanfaatan Alat Cuci Tangan Berbasis Relay Raspberry, sesuai Software yang telah dibuat, (3) Meningkatkan keterampilan Mitra dalam membuat interface dan aplikasi Alat Cuci Tangan Berbasis Relay Raspberry, dengan menggunakan Smartphone/ Komputer.

Metode yang digunakan dalam pemberian materi adalah metode ceramah, diskusi dan tanya jawab, sedangkan pada penerapan menggunakan  metode demonstrasi.

Hasil Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini menggambarkan bahwa kelompok Siswa dan Guru SMK Somba Opu Gowa (mitra), telah : (1) Memiliki pengetahuan  dalam  pembuatan  Software Alat Cuci Tangan Berbasis Relay Raspberry yang berfungsi untuk mengendalikan secara otomatis alat cuci tangan di tempat mitra, (2) Memiliki keterampilan dalam pembuatan dan memanfaatkan Alat Cuci Tangan Berbasis Relay Raspberry, (3) Memiliki keterampilan dalam pembuatan interface dan Aplikasi Alat Cuci Tangan Berbasis Relay Raspberry dengan menggunakan Smartphone/ Komputer.

 

Kata kunci : Alat Cuci Tangan,  menara air dengan bak kontrol, smartphone,   Peralatan listrik,  Relay Raspberry,


Full Text:

PDF

References


Amalia Hanifah, Iwan Setiawan, Darjat. 2011. Aplikasi Smart Card sebagai Pengunci Elektronis pada Smart Home. Universitas Diponegoro. Semarang.

Chantrapornchai, dkk. 2013. Development of Energy Saving Smart Home Prototype. Department of Computing, Faculty of Science, Silpakorn University, Thailand. International Journal of Smart Home Vol. 7, No. 1, January, 2013.

Grant B. Cornell, Christopher D. Celestial, and Arc E. P. Mercolesia. 2013. Smart Home Electricity Management System Using Cloud Computing (SHEMS). Journal of Advances in Computer Networks, Vol. 1, No. 1, March 2013.

Hanafi Al Fatta .2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Andi Yogyakarta.

Imam Bakhsh, dkk. 2012. Intelligent Home Monitoring Using RSSI in Wireless Sensor Networks. International Journal of Computer Networks & Communications (IJCNC) Vol.4, No.6, November 2012.

Moh. Sjukani, 2009, Teknik-teknik Dasar Pemrograman Komputer, Mitra Wacana Media.

Nazruddin Safaat H, 2011, Pemrograman Aplikasi Mobile Smart Phone dan Tablet PC Berbasis Android, Informatika.

PUIL’ 2011. Peraturan Umum Instalasi Listrik. 2011. Jakarta.

Rajeev Piyare, Seong Ro Lee. 2013. Smart Home-Control and Monitoring System Using Smart Phone. Proceedings, The 1st International Conference on Convergence and it's Application. ICCA 2013, ASTL Vol. 24, pp. 83 - 86, 2013.

Sean Young Tjahyadi, Parlinggoman R. H., 2012. Intelligent Building Management System Pada Ac Dan kWh Meter Berbasis Web dan Mobile Android Pada Gedung The Energy. Bina Nusantara University. Jakarta.

Tjandi Yunus, 2016. Monitoring dan Kendali Perangkat Peralatan Listrik Berbasis Arduino Mega Menggunakan Smartphone. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.

Widodo Budiharto,S.Si., M.Kom, 2008, Elektronika digital and Mikroprosessor, Andi.

ZERFANI YULIAS, 2011, tutorial singkat bahasa pemrograman arduino,

http://.famosastudio.com/2011/06/tutorial/tutorial singkat bahasa pemrograman arduino/82, diakses 7 Januari 2011


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.