PKM Peserta Didik SMAN 6 Kabupaten Gowa (Pembuatan Hand Sanitizer Berbahan Dasar Sereh)

Sumiati Side(1*), Diana Eka Putri(2), Nita Magfirah Ilyas(3), Suriati Eka Putri(4),

(1) Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah peserta didik SMAN 6 Kabupaten Gowa. Masalah yang dihadapi oleh mitra adalah: (1) penyebaran Covid-19 yang sangat cepat, dan (2) mahalnya harga hand sanitizer di pasaran. Target yang ingin dicapai melalui kegiatan PKM ini adalah peserta didik SMAN 6 Gowa dapat mengetahui cara pengolahan sereh menjadi hand sanitizer alami yang berkualitas serta mengetahui metode pengemasan hand sanitizer agar lebih menarik sehingga perolehan keuntungan usaha lebih meningkat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah: sosialisasi program, rencana tindakan, penyampaian materi, demonstrasi, pendampingan, diskusi, dan tanya jawab. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah : (1) para peserta pelatihan benar-benar mengikuti penyampaian materi oleh penyaji. Peserta aktif dalam sesi diskusi selama kegiatan penyampaian materi maupun pada saaat demonstrasi sehingga diskusi berlangsung dengan baik, (2) sebanyak 20 orang peserta yang hadir selama kegiatan berlangsung. Para peserta adalah peserta didik SMAN 6 Gowa, dan (3) lebih dari 75 % peserta telah mampu membuat hand sanitizer dari sereh dan mengemas hand sanitizer secara menarik.

 

Kata kunci: sereh, hand sanitizer


Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Kebijakan Penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Moeljanto RD, Mulyono. (2003). Khasiat dan Manfaat Daun Sirih, Obat Mujarab dari Masa ke Masa. Jakarta: Penebar Swadaya.

Murray. (2012). Biokimia Harper. Jakarta: EGC.

Suprapto, S. (2014). Simplisia dan Infusida Tanaman Obat. Jakarta: Rineka Cipta.

Wibawa, S. W. (2020). Nama Virus Corona Wuhan Sekarang SARS-COV-2. Kompas.com, 19 Februari 2020. Dapat diakses pada https://sains.kompas.com/read/2020/02/19/171500923/nama-virus-coronawuhan-sekarang-sars-cov-2-ini-bedanya-dengan-covid-19.


Article Metrics

Abstract view : 42 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.