PKM Penyusunan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kabupaten Majene

Kembong Daeng(1*), Bakhrani A. Rauf(2), Sakinah Fitri(3),

(1) Jurusan BahasaDaerah, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Teknik, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Bahasa & Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan guru Bahasa Indonesia dalam menyusun dan mengembangkan modulpembelajaran bahasa Indonesia sebagai salah satu usaha kreativitas guru bahasa Indonesia.Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan guru Bahasa Indonesia dalam menyusun dan mengembangkan modulpembelajaran bahasa Indonesia sebagai salah satu usaha kreativitas guru bahasa Indonesia.Metode yang diterapkan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah sebagai berikut: (1)penyuluhan, teknik yang digunakan dalam penyuluhan ini adalah ceramah, tanya jawab, dan mendiskusikan materi pelatihan penyusunan modul bahasa Makassar, (2) pelatihan, teknik yang digunakan dalam pelatihan adalah mengamati model, membimbing, dan mendampingi guru pada saat berlatih menyusun modul bahasa Makassar sesuai dengan tugas yang dibebankan, (3) demonstrasi, teknik yang digunakan dalam demonstrasi adalah presentasi, simulasi, dan merefleksi kegiatan pelatihan. Program kegiatan Ipteks ini berlangsung selama delapan bulan dengan melibatkan mitra kegiatan, yaitu guru bahasa Indonesa pada tingkat SMP yang tergabung dalam MGMP Bahasa Indonesia di Kabupaten Majene. Adapun hasil dari pelaksanaan PKM ini adalah terciptanya guru profesional yang memiliki pengelolaan pembelajaran yang berkualitas melalui modul pembelajaran yang tepat.

 

 

Kata kunci: modul, pembelajaran, bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Basyiruddin, M., Rukayah, & Roemintoyo. (2021). Edukasi. Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan.

Kandiko Howson, C., & Kingsbury, M. (2021). Curriculum Change As Transformational Learning. Teaching in Higher Education.

Jenkins, G. (2020). Teacher Agency: The Effects of Active And Passive Responses to Curriculum Change. Australian Educational Researcher, 47(1).

Kemendikbudristek, “Pidato Mendikbud pada Upacara Bendera pada Hari Guru Nasional Tahun 2019”,dikutip dari. https://www. kemdikbud.go.id/ main/blog/2019/11/pidato-mendikbud-pada-upacara-bendera-peringatan-hari-guru-nasional-tahun-2019. Diakses Tanggal 10 Maret 2020

Kemdikbudristek. (2022). Survey Kebutuhan Guru dan Jumlah Data Guru Pensiun 2023-2024. Data survey guru dalam PPG Prajabatan dan dalam Jabatan 2022. Diakses Tanggal 14 Oktober 2022.

Maipita, I., Dalimunthe, M. B., & Sagala, G. H. (2021). The Development Structure of the Merdeka Belajar Curriculum in the Industrial Revolution Era. Proceedings of the International Conference on Strategic Issues of Economics, Business and, Education (ICoSIEBE 2020), 163. Atlantis Press.

Mulyasa.(2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya:Bandung.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147.

Pusat Bahasa.(2003). Buku Panduan Kongres Bahasa Indonesia VIII. Jakarta: Pusat Bahasa.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Tyagita, B. P. A., & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 165-176.


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.