PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ BAGI GURU DI SMP NEGERI MINASATENE

Irwansyah Suwahyu(1*), Muhammad Asriadi(2), Wirawan Setialaksana(3),

(1) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah guru-guru di SMP Negeri 3 Minasate’ne Kabupaten Pangkep. Masalah yang dihadapi oleh guru-guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran secara daring adalah: 1) Guru-guru dihadapkan pada proses pembelajaran yang kadang berubah-ubah baik itu offline dan terkadang online di masa pandemi, sehingga dibutuhkan variasi model evaluasi pembelajaran secara daring. 2) Kurangnya pengetahuan guru-guru terhadap media evaluasi pembelajaran secara daring. Tujuan dari dilaksanakannya pelatihan ini adalah agar guru-guru memiliki variasi dalam memanfaatkan evaluasi media pembelajaran secara daring, yaitu dengan menggunakan aplikasi quizizz. Metode Pelaksanaan PKM ini adalah metode metode ceramah, demonstrasi video tutorial, diskusi dan tanya jawab. Setelah pelaksanaan kegiatan pelatihan ini diharapkan guru-guru sudah memiliki pengetahuan untuk melakukan evaluasi secara daring menggunakan aplikasi quizizz. Sehingga dengan keterampilan ini mampu memberikan variasi dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran di dalam kelas.

 

Kata Kunci: Media Evaluasi, Pembelajaran Daring, Quizizz


Full Text:

PDF

References


I. Suwahyu and A. Rahman, “Pemanfaatan Media Daring Pada Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid 19,” Intec Inf. Technol. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 110–115, 2022.

N. Nuriyah, “Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori,” EDUEKSOS J. Pendidik. Sos. dan Ekon., vol. 3, no. 1, pp. 73–86, 2014.

M. B., “EVALUASI BELAJAR PESERTA DIDIK (SISWA),” IDAARAH J. Manaj. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 257–267, 2017.

M. A. Aditiyawarman, M. Sondang, L. Hanifah, and L. D. Kusumawati, “Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Untuk Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran,” J. Penelit. Politek. Penerbangan Surabaya, vol. 7, no. 1, pp. 24–36, 2022.

Quizizz, “Login to your account.” [Online]. Available: https://quizizz.com/login?ref=header_tab.


Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.