PKM Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva bagi Guru di SD Negeri 16 Garogo Kabupaten Majene

Nur Ilmi(1*), Fajar Fajar(2), Andi Fajar Asti(3),

(1) Prodi PGSD, Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi PGSD, Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi PGSD, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pemanfaatan teknologi merupakan salah satu cara dalam membuat media pembelajaran yang menarik minat dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Melalui media pembelajaran, maka materi pelajaran akan lebih mudah diingat dan dipahami oleh siswa. Untuk itu, guru sebagai seorang pendidik yang baik harus mampu menyajikan materi secara kreeatif pula. Canva sebagai salah satu aplikasi dapat membantu pendidik dalam menyajikan materi secara lebih menarik. Pengembangan media melalui Canva dapat memudahkan guru dalam mendasain dan merancang materi pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri 16 Garogo Kab. Majene diketahui bahwa : 1) Pengetahuan guru terkait media pembelajaran berbasis Canva masih minim, 2) Pemanfaatan Canva sebagai aplikasi pengembangan media pembelajaran masih kurang. Untuk itu dilaksanakanlah pelatihan terkait pengembangan media berbasis Canva. Tujuan dari pengabdian ini adalah 1) memberikan informasi kepada mitra terkait aplikasi Canva. 2) memberikan informasi kepada mitra dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis Canva. Sasaran dalam pengabdian ini adalah guru di SD Negeri 16 Garogo Kab. Majene. Adapun metode yang akan dilakukan yakni ceramah, tanya jawab dan praktik. Setelah pelatihan, 1) Guru mampu menjelaskan pemanfaatan canva dalam pengembangan media. 2) Guru mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis Canva.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi, Canva, Guru


Full Text:

PDF

References


Arif S, Sadiman, et.al. 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta:PT Grafindo Persada.

Hujair AH, Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VII. No.2.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika. Vol. 7 No 2.

Rahmatullah, Inanna & Andi T. A. 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Vol. 12 No. 2

Pelangi, garris. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma. Jurnal Sasindo Unpam. Vol 8, No 2.


Article Metrics

Abstract view : 66 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.