PKM CAPACITY BUILDING SEBAGAI STRATEGI PSIKOEDUKASI UNTUK PENGEMBANGAN DIRI REMAJA DI MAJENE

Nur Akmal(1*), Perdana Kusuma(2), Novita Maulidya Djalal(3), Riyadh Ma’Rif(4), Nurul Alwiah(5),

(1) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(5) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah MAN 1 Majene. Masalahnya ialah kebanyakan remaja di MAN 1 Majene mengalami kebingungan akan perencanaan karir setelah lulus, siswa cenderung gelisah dan cemas mengenai apa yang harus dilakukan setelah selesai menempuh pendidikan dikelas 3. Kegiatan ini berguna dalam membantu remaja mengenali dan menemukan potensi yang dimiliki. Metode yang digunakan didalam kegiatan ini: pre dan post-test, ice breaking, pemberian materi (Who am I, Goal Setting, dan Motivasi), refleksi kegiatan.  Hasil yang dicapai dalam dicapai: 1) memperoleh gambaran perubahan motivasi pada siswa, 2) melalui ice breaking dapat mencairkan kejenuhan dalam pembelajaran dan meningkatkan konsentrasi siswa dalam klegiatan, 3) siswa dapat mengenali potensi diri, melakukan perencanaan karir, meningkatkan motivasi untuk berkarya dan belajar 4) meningkatkan kemampuan siswa dalam mereflesikan hal hal yang telah dilalui.

 

Kata kunci: Capacity Building, Psikoedukasi, Who am I, Perencanaan Karir


Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80-86.

Hurlock, Elizabeth B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Muzakqy, K., Suharno, S., & Suwandi, S. (2018). Penggunaan Who Am I Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Dalam Pembelajaran Teks Deskripsi Pada Kelas 10 Sma Negeri 6 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 12(2), 157-168.

Pratiwi, A., & Koesdyantho, A. R. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas X Ips Di Man 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Medikons: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta, 5(2).

Purwandari, E., Pertiwi, D. S., Aryono, S., Pujiono, R., & Azizah, S. N. (2021). Mentoring generation Z in finding Who Am I. Community Empowerment, 6(6), 941-949.

Sarwono W. S. (2011). Psikologi Remaja Edisi Revisi. Jakarta: PT.Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.