PENERAPAN FLICKED PAINTING DENGAN MEDIA SPRAY PADA PRODUK SEJADAH TRAVELING BAGI IBU-IBU MAJELIS TAKLIM DESA LEPPANGANG KABUPATEN MAJENNE

Sitti Aisyah(1*), Kurniati Kurniati(2), Asiani Abu(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak

Tujuan dari kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pada kelompok Ibu-Ibu Majelis Taklim di Desa Leppangang Kabupaten Majene sulawesi Barat. Pengetahuan dan keterampilan yang diberikan adalah berupa pelatihan membuat sejadah traveling dengan teknik lukis flicked painting dengan media spray. Luaran yang ditargetkan adalah menghasilkan produk sejadah traveling yang dibuat pada bahan katun dengan motif yang dihasilkan mellui teknik lukis flicked painting.  Produk sejadah tersebut dapat digunakan untuk keperluan ibadah shalat pada saat bepergian.

Pemberian keterampilan ini didasari oleh beberapa permasalahan pada kelompok ibu-ibu majelis taklim yakni: Belum ada pelatihan yang serupa yang pernah diberikan pada ibu-ibu kelompok majelis taklim;  Masyarakat sangat membutuhkan keterampilan praktis untuk menambah keterampilan; Kebutuhan sajadah traveling dapat digunakan sebagai wahanah untuk membuka peluang usaha. Untuk mencapai sasaran keberhasilan Program Kemitraan Masyarakat ini solusi yang ditawarkan adalah melakukan pendampingan pada Ibu-Ibu Majelis Taklim, serta menerapkan metode pembelajaran yang mudah dimengerti oleh peserta program kemitraan masyarakat.

 

Kata kunci: Sajadah Traveling, Teknik lukis, Flicked Painting


Full Text:

PDF

References


Nasrul, E., & Sasongko, A. (2018). Memahami Istilah Majelis Taklim. Jakarta: https://republika.co.id/.

Al-Amin, M. I. (2022, Jauari 19). Motivasi Adalah Hasrat atau Dorongan. Retrieved from Kata Data Green: https://katadata.co.id/safrezi

Andriani. (2020). Pengembangan Kawasan Agropolitan di Kecamatan Wonomulyo. Polewalu Mandar: Tayang.Com.

Huda, I. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Multikultural. INFERENSI, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 253-278.

Mandar, B. P. (2020). Jumlah Penduduk (Jiwa), 2018-2020. Polewali Mandar: Badan Pusat Statistik Kabupaten Polewali Mandar.

Maruti, E. B. (2020). Karya Siri Sejadah Fatimah Chik Mengikut konsep Keindahan Dalam Melayu. Kuala Lumpur: Cultural Centre Universiti Of Malaya.

Sutihat, S. (2016). Pengaruh Keterampilan dan Motivasi Terhadap Peningkatan Produktivitas Karyawan (Studi pada PT Wijaya Karya Beton Jatiwangi Kabupaten Majalengka). Cirebon: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati.

Wahyuni, T., Karyono, T., & Sukarya, Y. (2013). Eksplorasi Bentuk Kupu-Kupu Sebagai Gagasan Berkarya Seni Lukis Abstrak Melalui Teknik Flicked Painting Cipratan. Jurnal Edukasi, 1-12.

Yasika, R. (2017). Pengaruh Keterampilan dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Pengrajin Sentra Kerajinan Songket di Tanggo Butung Palembang. Palembang: UIN Raden Patah.


Article Metrics

Abstract view : 66 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.