PKM Pelatihan Tari Kreasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Kreatif Anak di SD Negeri 60 Lembang Kabupaten Majene Sulawesi Barat

Syakhruni Syakhruni(1*), Heriyati Yatim(2), Jalil Jalil(3),

(1) Jurusan Seni Tari, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah siswa SD Negeri 60 Lembang. Masalahnya adalah: (1) kercedasan kreatif siswa belum dioptimalkan, (2) pembelajaran tari yang dilaksanakan berfokus kepada guru, (3) tidak adanya pelatihan tari kepada anak yang berfokus kepada kecerdasan kreatif. Metode yang digunakan adalah: (1) diskusi awal, (2) diskusi karya tari tradisi, (3) demonstrasi, (4) orientasi musik, (5) orientasi kostum dan make -up, (6) praktek, (7) evaluasi, dan (8) pementasan. Hasil yang dicapai adalah (1) kegiatan ini menghasilkan beberapa perubahan kepada peserta, yakni; peningkatan kreatifitas, khusunya dalam menciptkan gerak tari yang dikembangakan berdasarkan pengalaman siswa sendiri., (2) Pembelajaran tari ini meningkatkan kecerdasan kreatif terhadap siswa di SD Negeri 60 Lembang.

 

Kata kunci: tari, kreasi, kecerdasan kreatif


Full Text:

PDF

References


Jazuli, M. (2010). Model Pembelajaran Tari Pendidikan pada Siswa Sd/Mi Semarang. Jurnal Harmonia, 10 (2).

Kau, M. A. (2017). Peran Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Proceeding Seminar dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium dan Jurnal Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis KKNI, 4 – 6 agustus 2017, Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Murgiyanto, S. (1983). Seni Menata Tari. Jakarta: Dewan Kesenian.

Saparahayuningsih. (2010). Peningkatan dan Kreatifitas Siswa. Jurnal Kreatif Jurnal Kependidikan Dasar. 1 (1): 1-6.


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.