PKM Peningkatan Kreativitas Seni melalui Pelatihan Menggambar dan Mewarnai dengan Menggunakan Pewarna Alam pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 60 Majene
(1) Jurusan Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Seni Tari, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah siswa SD Negeri 60 Majene. Masalahnya adalah: (1) pengelolaan pembelajaran menggambar dan mewarnai di tingkat sekolah dasar kurang dapat meningkatkan kreatifitas siswa., (2) beberapa sekolah yang memiliki siswa dalan keadaan ekonomi lemah tidak sanggup untuk membeli bahan pewarna untuk pembelajaran menggambar dan mewarnai., (3) tidak adanya pelatihan menggambar dan mewarnai yang dibuat sedemikian rupa agar lebih menyenangkan untuk tingkatan sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah: (1) diskusi awal, (2) diskusi bahan pewarna alam, (3) persiapan bahan, (4) pelaksanaan kegiatan, (5) praktek, (6) evaluasi, dan (7) pameran. Hasil yang dicapai adalah (1) kegiatan ini menghasilkan beberapa perubahan kepada peserta, yakni; peningkatan kreatifitas, khususnya dalam menentukan bahan pewarna yang dibuat sendiri dari lingkungan sekitar mereka, (2) kegiatan menggambar dan mewarnai ini meningkatkan kreatifitas terhadap siswa di SD Negeri 60 Majene.
Full Text:
PDFReferences
Anik, Pamilu. 2007. Mengembangkan kreativitas dan kecerdasan anak. Jakarta: Buku kita
Hurlock B. Elizabeth, (1999). Perkembangan Anak.Jilid 2- Edisi Keenam. (Alih Bahasa Med Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Pamadhi, Hajar. (2008). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Yusuf, Munir dan Jurniati. (2018). Pengaruh Pendidikan bagi Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Cendikia, 1 (1), hal.31-38.
Article Metrics
Abstract view : 59 times | PDF view : 24 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.