PKM PEMBUATAN MEDIA KARTUN UNTUK PENUNJANG KETERAMPILAN MENULIS
(1) Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Keterampilan menulis sebagai salah satu keterampilan berbahasa siswa. Penggunaan media kartun ini sebagai penunjang keterampilan menulis akan terus dikembangkan di lingkungan siswa. Media kartun tebukti memiliki kelebihan dalam mempresentasikan hasil tulisan dari seorang penulis kepada orang lain. Hasil analisis dalam tulisan ini diharapkan dapat mendapat gambaran yang jelas sehingga diperoleh pemahaman yang benar mengenai kondisi siswa kaitannya dalam pemamfaatan media kartun dalam proses menulis. Kegiatan pelatihan meningkatkan ketrampilan siswa dalam penguasaan keterampilan menulis dan proses lain yang terkait. Siswa SMA dapat mengoptimalkan performa keterampilan menulis melalui media kartun untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan mempermudah pengelolaan tulisan banyak digunakan.
Kata Kunci: menulis, media, kartun
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Coy, Gordon Dryden, Jeannete Vos. (2016). Revolusi Cara Belajar. Bandung: Kaifa.
Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Haron, Mohammed. (2016). Kartun sebagai Bahan Motivasi dalam Pengajaran Karangan. Malaysia: Makalah.
Sadiman, Arief S. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Simanjuntak, Lisnawaty, dkk. (2013). Metode Mengajar Keterampilan menulis jilid II. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2016). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Supriadi. (2018). Penggunaan Kartun Keterampilan menulis dalam Pelatihan menulis. Bandung: Jurnal.
Suwangsih, Erna, dkk. (2016). Model Pelatihan menulis. Bandung: UPI PRESS.
Abdul Rahman & Waluyo, 2010. Pendidikan Anak Bermasalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Akhadiah, 2012. Menulis I. Jakarta: Universitas Terbuka
Depdiknas, 2016. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas
Iskandar dan Abdul Azis. (2022). “Pelatihan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Kartun untuk Penunjang Keterampilan Menulis Bagi Siswa SMA DDI Maros Kabupaten Maros”. Laporan Hasil Penelitian. UNM: LP2M UNM.
Jobrohim, Anwar, dan Suminto SA, 2013. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: ustaka Pelajar
Mc. Tagart 2018. Kemmis, S,R. Mc. Taggat. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press
Rahmat dan Suhardi, 2018. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi
Suparno dan Yunus, M. 2017. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka
Syafi’ie, I, 2019 Pembelajaran Membaca dan Menulis di Sekolah menengah. Malang: Universitas Negeri Malang
Tarigan. 2016. Keterampilan Menulis. Bandung: PT Angkasa
Wardani, IGK, 2017. Pelatihan Pelatihan Kelas, Jakarta ; Universitas Terbuka.
Article Metrics
Abstract view : 58 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.