PKM PEMBUATAN MEDIA KARTUN UNTUK PENUNJANG KETERAMPILAN MENULIS

Iskandar Iskandar(1*), Abdul Azis(2),

(1) Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Keterampilan menulis sebagai salah satu keterampilan berbahasa siswa. Penggunaan media kartun ini sebagai penunjang keterampilan menulis akan terus dikembangkan di lingkungan siswa. Media kartun tebukti memiliki kelebihan dalam mempresentasikan hasil tulisan dari seorang penulis kepada orang lain. Hasil analisis dalam tulisan ini diharapkan dapat mendapat gambaran yang jelas sehingga diperoleh  pemahaman yang benar mengenai kondisi siswa kaitannya dalam pemamfaatan media kartun dalam proses menulis. Kegiatan pelatihan meningkatkan ketrampilan siswa dalam penguasaan keterampilan menulis dan proses lain yang terkait. Siswa SMA dapat mengoptimalkan performa  keterampilan menulis melalui media kartun  untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan mempermudah pengelolaan tulisan banyak digunakan.

Kata Kunci: menulis, media, kartun


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Coy, Gordon Dryden, Jeannete Vos. (2016). Revolusi Cara Belajar. Bandung: Kaifa.

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Haron, Mohammed. (2016). Kartun sebagai Bahan Motivasi dalam Pengajaran Karangan. Malaysia: Makalah.

Sadiman, Arief S. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Simanjuntak, Lisnawaty, dkk. (2013). Metode Mengajar Keterampilan menulis jilid II. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2016). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Supriadi. (2018). Penggunaan Kartun Keterampilan menulis dalam Pelatihan menulis. Bandung: Jurnal.

Suwangsih, Erna, dkk. (2016). Model Pelatihan menulis. Bandung: UPI PRESS.

Abdul Rahman & Waluyo, 2010. Pendidikan Anak Bermasalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Akhadiah, 2012. Menulis I. Jakarta: Universitas Terbuka

Depdiknas, 2016. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas

Iskandar dan Abdul Azis. (2022). “Pelatihan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Kartun untuk Penunjang Keterampilan Menulis Bagi Siswa SMA DDI Maros Kabupaten Maros”. Laporan Hasil Penelitian. UNM: LP2M UNM.

Jobrohim, Anwar, dan Suminto SA, 2013. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: ustaka Pelajar

Mc. Tagart 2018. Kemmis, S,R. Mc. Taggat. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press

Rahmat dan Suhardi, 2018. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi

Suparno dan Yunus, M. 2017. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Syafi’ie, I, 2019 Pembelajaran Membaca dan Menulis di Sekolah menengah. Malang: Universitas Negeri Malang

Tarigan. 2016. Keterampilan Menulis. Bandung: PT Angkasa

Wardani, IGK, 2017. Pelatihan Pelatihan Kelas, Jakarta ; Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.