PKM SOSIALISASI KEOLAHRAGAAN DENGAN IMPLEMENTASI PELATIHAN PNF CABANG OLAHRAGA SEPAKBOLACLUB SIRLAP KELURAHAN MAROANGIN KECAMATAN SIBULUE

Dahlan Dahlan(1*),

(1) Fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


 

ABSTRAK: Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan atlet dan pelatih club sepakbolah sirlap, kelurahan maroanging, kecamatan sibulue. Pengabdian masyarakat ini adalah salahsatu bagian dari pada Tri darma perguruan tinggi yang diwajibkan bagi staf Dosen di Universitas Negeri Makassar. Objek dari pengabdian ini adalah atlet dan pelatih sepakbola club SIRLAP. Teknik pelaksaan dari pada pelatihan bagi atlet dan pelatih adalah melalui pemberian teori dan praktek tentang bentuk gerakan PNF (Proprioceptic Neuromuscular Fasilication) serta ilmu pengetahuan lain yang terkait dalam pengabdian masyarakat ini.

Hasil pelatihan dari pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa: (1) Dari segi teori, pelatih pemula yang mengikuti kegiatan pelatihan PNF (Proprioceptic Neuromuscular Fasilication) mengalami peningkatan pengetahuan kurang lebih 95% dari seluruh peserta yang hadir, dan meningkatkan pemahaman tentang manfaat dan pentingnya latihan PNF (Proprioceptic Neuromuscular Fasilication). (2) Sedangkan dari hasil evaluasi praktek pelatihan PNF (Proprioceptic Neuromuscular Fasilication), sekitar 100% atlet dan pelatih yang mengikuti pelatihan menunjukan penignkatan kemampuan yang sangat baik dalam mengaplikasikan latihan PNF (Proprioceptic Neuromuscular Fasilication), hal ini dikarenakan dalam pemberian praktek atlet dan pelatih di instruksikan menggunakan pola memanfaatkan peralatan untuk latihan fisik PNF (Proprioceptic Neuromuscular Fasilication) yang sangat standar sehingga peserta langsung merasakan efek dan manfaatnya. (3) Evaluasi antara teori dan praktek dalam pelaksanaan pelatihan fisik PNF (Proprioceptic Neuromuscular Fasilication) menunjukkan terjadinya singkronisasi yang sangat baik dengan tingkat keberhasilan sekitar 95 % dari seluruh peserta yang mengikuti PKM pada atlet club Sepakbolah SIRLAP Kelurahan Maroanging, Kecamatan, Sibulue, Kabupaten Bone, Propinsi Sulawesi Selatan.

 

KATA KUNCI:   latihan PNF (Proprioceptif Neuromuscular Facilitation), Club Sepakbola SIRLAP


Full Text:

PDF

References


Ahmad Yani.Journal article Primary • 2015 Indonesia Pengaruh Metode Latihan Sirkuit, Metode Konvensional dan Motivasi Berprestasi terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok.

Int J Chron Obstruct Pulmon Dis. 2021 Effects of Proprioceptive Neuromuscular Facilitation Stretching Combined with Aerobic Training on Pulmonary Function in COPD Patients: A Randomized Controlled Trial; 16: 969–977.Published online 2021 Apr 13. doi: 10.2147/COPD.S300569 PMCID: PMC8053505 PMID: 33880021

Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/9671072#readmore

Harsono 1988 coaching dan aspek-aspek psikologisdalam coaching. Cv. Tambak kusuma. Jakarta

https://id.m.wikipedia.org> wiki> sirkuit…

Mari-berkawand.blogspot.com/2014/07/pengertian - PNF (proprioceptive neuromuscler facilitation) dan ... Salinan Prinsip Latihan PNF (proprioceptive neuromuscler facilitation) Latihan PNF (proprioceptive neuromuscler facilitation) merupakan bagian dari latihan olahraga, khususya latihan fisik secara umum.

Surya Hanapi 2010 Efektifitas Latihan Beban Dan Latihan PNF (proprioceptive neuromuscler facilitation) Dalam Meningkatkan Kekuatan Otot Tungkai Dan Kecepatan Reaksi. (Jurnal Ilara)

Jozep sneyers. 1990. SEPAKBOLA REMAJA; Petunjuk Dan Latihan Bagi Kesebelasan Remaja. PT. Rosada Jaya Putra. Bandung

Eric C. Batty, 2008. Latihan Metode Baru SEPAKBOLA PERTAHANAN. Pionir Jaya. JL. Jend. Sudirman 511.BANDUNG

-------- id.wikipedia.org › wiki › Sepak_bola. Sepakbola - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

Harsono 1988 coaching dan aspek-aspek psikologisdalam coaching. Cv. Tambak kusuma. Jakarta

M Hasanah - 2013 - lib.unnes.ac.id. Pengaruh Latihan Pliometrik Depth Jump Dan Jump To Box Terhadap Power Otot Tungkai Pada Atlet Bolavoli Club Tugumuda Kota Semarang.

Mari-berkawand.blogspot.com/2014/07/pengertian - PNF (proprioceptive neuromuscler facilitation) dan ... Salinan Prinsip Latihan PNF (proprioceptive neuromuscler facilitation) Latihan PNF (proprioceptive neuromuscler facilitation) merupakan bagian dari latihan olahraga, khususya latihan fisik secara umum.

Thomas R.Baeche dkk. 1996 bugar dengan latihan beban. Oleh PT. Raja Grafindo persada. Jl.pelepah hijau IV TN.I. 14-15 Kelapa gading permai. Jakarta utara.

www.duniafitnes.com >training>latihan ... 19 desember 2014- PNF (proprioceptive neuromuscler facilitation) atau latihan dengan intensitas tinggi yang dirancang untuk mempercepat.....


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.