PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Pangeran Paita Yunus(1*), Satriadi Satriadi(2), Muhammad Muhaemin Muhaemin(3),

(1) Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

 

Mata kuliah Kewirausahaan merupakan salah satu mata kuliah wajib yang diajarkan pada program studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengenali potensi diri, mencari dan menciptakan peluang usaha, serta berani mencoba berwirausaha sesuai dengan kemampuan dan bidang yang digelutinya. Dalam menciptakan seorang wirausaha dapat dimulai melalui pendidikan kewirausahaan yang diajarkan di perguruan tinggi, tetapi akan lebih cepat apabila pendidikan kewirausahaan juga mulai diterapkan dari keluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan. Penelitian ini akan mengembangkan bahan ajar mata kuliah kewirausahaan lalu mengukur kelayakan bahan ajar dari segi kevalidan. Penelitian ini mengacu pada prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah yang disusun secara sistematis, dengan penjelasan yang mudah dipahami, dan dapat mengarahkan pengembang dari awal hingga akhir penelitian. Dalam pelaksanaannya, hanya dilakukan hingga langkah ketiga, yakni dari 1) studi pendahuluan dan pengumpulan data/informasi, 2) membuat perencanaan, 3) mengembangkan draf awal dan uji validasi atau review oleh validator. Komponen paket pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah buku ajar dan media presentasi. Paket pembelajaran Kewirausahaan berupa bahan ajar dan  media presentasi yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar yang layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Kewirausahaan pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Hal ini dikarenakan bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Baharuddin, Haerati. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar Menggambar Perspektif untuk Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Makassar. Tesis Magister PPs UNM.

Borg, Walter. R & Gall. 1973. Educational Research: An Introduction (second edition). New York. David Mc Key Company. Inc

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam mengajar. Yogyakarta. Penerbit Gava Media.

Faturahhman, Pupuh dan Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum dan Islami. Bandung. PT. Rafika Aditama.

Ghufron, Anik. 2007. Panduan dan Pengembangan Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Yogyakarta. Lembaga Penelitian UNY.

Najamuddin, Nurhayati. 2014. Pengembangan Paket Pembelajaran untuk Siswa Kelas VIII SMP Nasional Makassar. Makassar. Tesis Magister PPs UNM.

Putra, Nusa. 2013. Research & Development: Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Setyosari. Punaji. 2001. Rancangan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Malang. Elang Mas.

______________, 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta. Kencana.

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algesindo

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung. Penerbit Alpabeta.

Sukarjo. 2006. Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Penerbit Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryani, Nunuk dan Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta. Penerbit Ombak.


Article Metrics

Abstract view : 37 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.