PKM PENINGKATAN MUTU UMKM PARIWISATA EKONOMI KREATIF MELALUI PROGRAM SHORT COURSE OF BASIC ENGLISH FOR MARKETING

Abdi Akbar(1*), Burhanuddin Burhanuddin(2), Ahmad Ali(3), Muh. Yushar Mustafa(4),

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, STIEM Bongaya Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Perkembangan yang cepat dan pesat telah mengarahkan sendi-sendi dari sektor usaha, tanpa terkecuali sektor industri pariwisata, untuk mempertimbangkan penguasaan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris sebagai keidealan. Pun, sektor industri pariwisata ini juga mampu memberikan dampak positif yang terbilang signifikan terhadap pengembangan potensi ekonomi kreatif di “gelombang ekonomi baru” yang berlangsung hingga saat ini. Bahasa Inggris sebagai bahasa dunia menjadi sebuah persyaratan bagi desa wisata internasional sehingga keterampilan berbahasa Inggris akan memberikan peluang bagi desa terkait, khususnya desa Batulaya yang terletak di Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Berdasarkan hasil observasi tim pengabdi, keterampilan yang dimiliki oleh para pelaku usaha pariwisata ekonomi kreatif di desa Batulaya masih perlu ditingkatkan.  Berangkat dari fenomena ini, kolaborasi tim pengabdi dari Program Studi Manajemen Universitas, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar tertarik untuk melaksanakan pendampingan kepada masyarakat desa wisata dengan memberikan pelatihan bahasa Inggris untuk Pemasaran bagi para pelaku usaha atau UMKM pariwisata ekonomi kreatif. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini sebagai berikut: (1) pendampingan; (2) penyuluhan; dan (3) pelatihan. Hasil kegiatan ini diharapkan memberikan solusi bagi masyarakat Desa Batulaya secara umum, dan pelaku usaha secara khusus untuk memberikan pengetahuan serta keterampilan berbahasa Inggris untuk Pemasaran (English for Marketing), memberikan pendampingan peningkatan mutu UMKM pariwisata ekonomi kreatif, serta memberikan motivasi kepada masyarakat agar semangat dalam mengembangkan dunia pariwisata ekonomi kreatif di desa Batulaya.

 

Kata kunci: pemasaran, pariwisata, ekonomi kreatif, umkm, bahasa inggris pemasaran.


Full Text:

PDF

References


Islamy, N. (2019). Analisis Sektor Potensial, Dapatkah Pariwisata Menjadi Lokomotif Baru Ekonomi Nusa Tenggara Barat?. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 2(1), 1-10.

Jaelani, A., & Setyawan, E. (2017). Religi, budaya dan ekonomi kreatif: Prospek dan pengembangan pariwisata halal di Cirebon.

Johns, A. M., & Dudley‐Evans, T. (1991). English for specific purposes: International in scope, specific in purpose. TESOL quarterly, 25(2), 297-314.

Larassaty, A. L. (2016). Kontribusi Sumber Daya Manusia Di Bidang Industri Kreatif Untuk Meningkatkan Kinerja Pariwisata (Studi Kasus Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kebupaten Pasuruan).

SARI, M. E. C. (2014). Kesalahan Tata Bahasa dalam Situs Resmi Pariwisata Indonesia Berbahasa Inggris (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Wulandari, L. W. (2014). Pengembangan pariwisata ekonomi kreatif desa wisata berbasis budaya sebagai niche market destination (Studi kasus pengembangan desa wisata di Kabupaten Sleman). Jurnal Aplikasi Bisnis, 16(9), 2140.


Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.