PKM PELATIHAN PRODUKSI OLAHAN IKAN PADA IBU RUMAH TANGGA NELAYAN DI KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR

Hasriyanti Hasriyanti(1*), Muhammad Yusuf(2), Dinil Qaiyimah(3),

(1) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Permasalahan dan peluang terhadap peningkatan kualitas produk yang dihasilkan melalui kegiatan industri kreatif atau rumahan hasil olahan perikanan, tentunya dapat dikembangkan dengan memberikan sentuhan manajemen serta teknologi dan inovasi dalam membuatnya. Perlu adanya kelembagaan yang baik bagi masyarakat nelayan yang dapat memfasilitasi masyarakat dalam pengembangan pengetahuan SDM masyarakat nelayan dalam pengolahan hasil perikanan laut khususnya perikanan. Adapun tujuan pelatihan ini tentunya untuk memberdayakan ibu rumah tangga nelayan dalam menigkatkan pengembangan produk olahan hasil laut, manajemen kelembagaan, produksi dan pemasaran hasil olahan perikanan tangkap nelayan. Permasalahan mitra akan diatasi dengan dilaksanakan penyuluhan, terdiri dari aspek teknologi, sosial-ekonomi dan lingkungan. Melakukan pelatihan kepada masyarakat mitra yang sifatnya teoritis dan pendampingan yang sifatnya lebih praktis terhadap teori yang diperoleh dalam pelatihan. Selanjutnya, tim melakukan pendampingan secara intens kepada para mitra. Pengolahan terhadap ikan segar akan memberikan keuntungan bagi masyarakat.  Maka diharapkan dengan adanya pelatihan ini, akan memberikan motivasi, membuka wawasan dan tranformasi ilmu pengetahuan kepada masyarakat, termasuk meningkatkan ekonomi kreatif lokal.  Adanya industri pengolahan ikan akan meningkatkan penyerapan tenaga kerja di daerah tersebut sehingga mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Pengolahan   ikan   ini akan meningkatkan pendapatan dan keterampilan para istri nelayan.

 

Kata kunci: pelatihan, olahan ikan, ibu rumah tangga nelayan


Full Text:

PDF

References


Diniarti, N., Cokrowati, N., Setyowati, D. N., dan Mukhlis, A. (2020). Edukasi Nilai Gizi Ikan Melalui Pelatihan Pembuatan Makanan Olahan Berbahan Baku Ikan Tongkol. Abdi Insani, 7(1), 49-54. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v7i1.300

Hardoko, Sari, P. Y., dan Puspitasari, Y. E. (2015). Subtitusi Jantung Pisang Dalam Pembuatan Abon Dari Pindang Ikan Tongkol. Jurnal Perikananan Dan Kelautan, 20(1), 1-10.

Hasriyanti. 2022. Penyuluhan Pengetahuan Lingkungan tentang Green School Bagi Guru-Guru dan Kepala Sekolah SD Se-Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Sosiosaintifik (JurDikMas) ISSN: 26886-164X Volume 4 Issue 1 Februari 2022. p. 8-16.

Hasriyanti. 2022. Penyuluhan Tentang Penerapan Rubrik Assesment Dalam Menilai Kinerja Siswa Bagi Guru Geografi Kabupaten Gowa. HUIDU: Jurnal Pengabdian Masyarakat Geoscience Vol. 1 No. 1, June 2022. p.1-6.

Hastuti, N. dwi, & Ruhibnur, R. (2016). Nugget Dan Kerupuk Ikan Tongkol Sebagai Alternatif Usaha Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. Agromix, 7(1). https://doi.org/10.35891/agx.v7i1.706

Khamidi, Sofwan. (2012). Pengaruh Diversifikasi Produk terhadap Penjualan (Studi Kasus pada Perusahaan Konveksi “Faiza Bordir” Bangil-Pasuruan), Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang.

Muhammad Baihaki, Leni Novita Sari, Ayu Irawati Sidabutar, Ega Al Ridha, Nova Purnama Lisa, Meilandy Purwandito, Nina Fahriana. (2022). Pelatihan Pembuatan Nugget Ikan Tongkol Jakandor sebagai Bentuk Inovasi untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Kuala Peudawa Puntong Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI). Vol. 2, No. 1 Januari 2022, Hal. 349-354.

Nusi, T. S. I., Naiu, A. S., dan Dali, F. A. (2015). Pendugaan Umur Simpan Abon Ikan Tongkol Asap. Nike: Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan, 3 (September), 103-105.

Rijal, M. (2017). Diversifikasi Produk Olahan Ikan Bagi Ibu-ibu Nelayandi Dusun Mamua, Kabupaten Maluku Tengah. BIOSEL (Biology Science and Education), Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan (2) 167.

Ruhibnur, R., Ketapang, P., dan Ketapang, P. (2016). Nugget Dan Kerupuk Ikan Tongkol Sebagai Alternatif Usaha Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. Agromix, 7(1). https://doi.org/10.35891/agx.v7i1.706


Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.