PELATIHAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU SEBAGAI STRATEGI PEMBERIAN LAYANAN BK BAGI GURU MGBK SMA/SMK KAB. SIDRAP

Suciani Latif(1*), Abdullah Pandang(2), Akhmad Harum(3), Sahril Buchori(4),

(1) Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(2) Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(3) Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(4) Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. MGBK Sidrap sebagai suatu organisasi profesi Bimbingan dan Konseling senantiasa berusaha meningkatkan kapasitas guru BK dalam pelayanan BK di sekolah melalui berbagai kegiatan workshop/pelatihan. Namun pada kenyataannya masih ada sebagian guru BK yang belum menguasai berbagai staregi dalam pelayanan BK di sekolah. Salah satu contohnya adalah Guru BK kesalahan prosedur dalam menerapkan teknik kontrak perilaku dalam menangani kedisplinan belajar siswa. Akibatnya teknik ini menjadi tidak efektif penerapannya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 bulan mulai 25 Mei – 29 Juli 2022. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pelatihan (In-On-In) dan berbasis kelompok kepada guru BK yang tergabung dalam MGBK SMA/SMK Kab. Sidrap berjumlah 27 orang. Kegiatan pelatihan diawali dengan pemberian informasi mengenai konsep dasar teknik kontrak perilaku, Analisis ABC dan praktik teknik kontrak perilaku. Berdasarkan hasil pretest menunjukkan hasil 40,74% (11 orang) memiliki kemampuan memahami konsep Kontrak Perilaku dan setelah pelatihan meningkat menjadi 85,19% (23 orang). Kemampuan guru BK dalam melakukan analisis ABC sebelum pelatihan menunjukkan hasil 48,15% (13 orang) dan setelah pelatihan meningkat menjadi 88,89% (24 orang). Sebelum pelatihan sekitar 51,85% Guru BK belum terampil dalam praktik teknik kontrak perilaku namun setelah pelatihan meningkat menjadi 92,59% (25 orang).

 

Kata Kunci: Teknik Kontrak Perilaku, Layanan BK, Guru BK


Full Text:

PDF

References


Abimanyu, Soli dan Tayeb Manrihu. 1996. Tehnik dan Laboratorium Konseling. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Corey, Gerald. 2007. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama

Gibson, Robert L. dan Marianne H. Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hawkins, E., Kingsdorf, S., Charnock, J., Szabo, M., Middleton, E., Phillips, J., & Gautreaux, G. (2011). Menggunakan perilaku-

ior berkontraksi untuk mengurangi perilaku sosialvior pada empat anak laki-laki dengan gangguan spektrum autisme di rumah dan di

sekolah. Jurnal Pendidikan Khusus Brish, 38 , 202-208

Hawkins, E., Kingsdorf, S., Charnock, J., Szabo, M., Middleton, E., Phillips, J., & Gautreaux, G. (2011). Menggunakan perilaku-

ior berkontraksi untuk mengurangi perilaku sosialvior pada empat anak laki-laki dengan gangguan spektrum autisme di rumah dan di

sekolah. Jurnal Pendidikan Khusus Brish, 38 , 202-208

Hawkins, E., Kingsdorf, S., Charnock, J., Szabo, M., Middleton, E., Phillips, J., & Gautreaux, G. (2011). Menggunakan perilaku-

ior berkontraksi untuk mengurangi perilaku sosialvior pada empat anak laki-laki dengan gangguan spektrum autisme di rumah dan di

sekolah. Jurnal Pendidikan Khusus Brish, 38 , 202-208

Hawkins, E., Kingsdorf, S., Charnock, J., Szabo, M., Middleton, E., Phillips, J., & Gautreaux, G. (2011). Menggunakan perilaku-

ior berkontraksi untuk mengurangi perilaku sosialvior pada empat anak laki-laki dengan gangguan spektrum autisme di rumah dan di

sekolah. Jurnal Pendidikan Khusus Brish, 38 , 202-208

Hawkins, E., Kingsdorf, S., Charnock, J., Szabo, M., Middleton, E., Phillips, J., & Gautreaux, G. (2011). Menggunakan perilaku-

ior berkontraksi untuk mengurangi perilaku sosialvior pada empat anak laki-laki dengan gangguan spektrum autisme di rumah dan di

sekolah. Jurnal Pendidikan Khusus Brish, 38 , 202-208

Hawkins, E., Kingsdorf, S., Charnock, J., Szabo, M., Middleton, E., Phillips, J., & Gautreaux, G. (2011). Using behavior contracts to decrease antisocial behavior in four boys with autistic spectrum disorder at home and at school. British Journal of Special Education, 38, 202-208.

Prayitno, dan Erman Amti. 1994. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Smith, S. (1994). Parent-initiated contracts: An intervention for school-related behaviors. Guidance & Counseling, 28(3), 182-187.

Sukardi, Ketut dan Nila Kusmawati. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Willis, Sofyan S. 2013. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 51 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.