PKM Pelatihan Pemasaran Produk Hasil Pertanian Secara Online bagi Pelaku UMKM dan Masyarakat Di kec. Parangloe Kab. Gowa

Iwan Dini(1*), Sulfikar Sulfikar(2), Munawwarah Munawwarah(3),

(1) Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah untuk memberikan edukasi pemasaran dan pengemasan yang baik kepada masyarakat. Mitra dari PKM ini adalah masyarakat di Kec. Parangloe Kab. Gowa khususnya yang berprofesi sebagai Petani atau pelaku UMKM yang mengolah produk pertanian. Beberapa masalah yang menjadi landasan diadakannya program ini adalah yang: (1) masyarakat masih melakukan proses pemasaran ptoduk pertanian secara konvensional, yaitu menjual produk pertaniannya kepada distributor dengan harga rendah (2) Produk olahan hasil pertanian dikemas dengan menggunakan plastik yang direkatkan dengan proses pembakaran pada ujungnya, (3) belum memaksimalkan penggunaan media sosial secara maksimal untuk melakukan pemasaran hasil pertanian maupun produk pangan. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, dan tanya jawab. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan melakukan pemasaran yang efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan pendapatan para petani, (2) mitra memiliki keterampilan dalam mengemas produk yang ramah lingkungan dan baik untuk Kesehatan secara tradisional maupun modern. (3) mitra menggunakan media sosial dalam memasarkan produk pertanian dan olahan hasil pertanian agar kualitasnya tetap terjaga.

 

Kata kunci: kemasan, pemasaran, produk, pertanian


Full Text:

PDF

References


Guna dkk. (2019). Valorization of sugarcane bagasse by developing completely biodegradable composites for industrial applications. Industrial Crops and Products. Volume 131, 25-31.

Kharisma, E. 2014. Rantai pasar komoditas pertanian dan dampaknya terhadap kegiatan perdagangan komoditas pertanian pasar projo. Jurnal Wilayah dan Lingkungan. 2 (1) : 25-42.

Kurniati, E., Santoso, A., & Widowati, S.Y. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) “Srikandi”. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat. Vol 2 (2), 132 – 138.

Lundy dan Mark. 2004. Increasing the Competitiveness of Market Chains for Smallholder Producers. CIAT.

Prayogo dkk.. (2022). Perancangan Logo Dan Kemasan Edisi Spesial Untuk Kelkenth Cake Di Manado. https://media.neliti.com/media/publications/87093-ID-perancangan-logo-dan-kemasan-edisi-spesi.pdf

http://gowakab.go.id/kecamatan-parangloe/

https://www.agroindustri.id/pengemasan-dan-keunggulan-jenis-kemasan-produk-agro/


Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.