PKM PELATIHAN RECORDS MANAGEMENT
(1) Prodi S3 Sosiologi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Pengelolaan arsip dalam sistem satuan pendidikan tidak dapat diabaikan karena merupakan unsur penting dalam kelancaran sistem satuan pendidikan. Studi awal sebelumnya menemukan bahwa arsip di satuan pendidikan pada dasarnya dibuat dalam format kertas yang memiliki banyak volume dengan masalah penyimpanan yang tidak memadai dan metode pemeliharaan yang tidak efektif. Kurangnya pedoman pengelolaan arsip akademik pada satuan pendidikan, tampaknya menjadi tantangan utama yang menghambat pengelolaan arsip akademik yang efektif di satuan pendidkan khususnya PAUD. Tujuan yang ingin capai dalam kegiatan ini adalah untuk membantu penerapan manajemen arsip digital yang dinamis dalam mendukung akuntabilitas satuan pendidikan, target khususnya ialah memberikan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan, hingga operator tingkat PAUD memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam dalam mengelola arsip digital (records management). Kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Majene Sulawesi Barat. Pencapaian tujuan dan target yang telah ditetapkan dalam kegiatan ini ditempuh melalui beberapa tahap pelaksanaan. Tahap pertama kegiatan adalah observasi, yaitu mengadakan orientasi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi operator PAUD yang menjadi sasaran pelaksanaan kegiatan ini. Tahap kedua: pelaksanaan kegiatan melalui strategi eksplanatori dan praktek yaitu pemaparan materi tentang records management. Tahap ketiga: demonstrasi dan bimbingan yaitu memberikan kesempatan para peserta untuk menerapkan records mananagement. Tahap keempat mengadakan evaluasi, guna mengetahui tingkat penguasaan pengetahuan dan keterampilan peserta pasca pelatihan. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini ialah terdapatnya peningkatan pemahaman dan keterampilan operator paud dalam mengelola arsip digital (records management) yang dibekali dengan modul dan praktik dalam pelatihannya.
Kata kunci: records management, pengelolaan arsip digital
Full Text:
PDFReferences
Akinloye, G. M., Adu, E. O., & Ojo, O. A. (2017). Record Keeping Management Practices and Legal Issues in the School System. The Anthropologist, 28(3). https://doi.org/10.1080/09720073.2017.1335832
Cheng, E. C. K. (2018). Managing records and archives in a Hong Kong school: a case study. Records Management Journal, 28(2). https://doi.org/10.1108/RMJ-02-2017-0004
Mojapelo, S. M. (2021). Records management in government schools in South Africa: a case study in Limpopo province. Records Management Journal. https://doi.org/10.1108/RMJ-04-2020-0012
Oktarina, N., & Pramusinto, H. (2017). Dynamic Record Management to Support School Accountability. IJAEDU- International E-Journal of Advances in Education. https://doi.org/10.18768/ijaedu.309804
Saffady, W. (2021). Records and Information Management: Fundamentals of Professional Practice (Fourth Edi). The Rowman & Littlefield Publishing Group, Inc.
Sholikah, M., & Oktarina, N. (2019). Pelaksanaan Pengelolaan Kearsipan Untuk Menunjang Akuntabilitas Sekolah. Economic Education Analysis Journal, 7(3). https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28348
Suharti, S., Akib, H., Jamaluddin, J., & Thukiman, K. (2020). Archive Management Analysis in Secondary School. International Journal of Educational Administration, Management, and Leadership. https://doi.org/10.51629/ijeamal.v1i1.2
Article Metrics
Abstract view : 55 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.