PKM Peningkatan Kapasitas Diri Melalui Psikoedukasi Dalam Menghadapi Tantangan Global
(1) Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Mitra Program Kemitraan ini adalah SMK Negeri 05 Makassar. Permasalahan mitra adalah fokus mitra dalam pengembangan siswa untuk memahami proses pembelajaran di sekolah, namun pengembangan dalam memahami kemampuan diri sendiri serta memahami perubahan yang terjadi di lapangan belum dilakukan secara optimal. Pemberian bekal dalam meningkatkan kemampuan atau potensi yang dimiliki perlu dilakukan agar siswa dapat memahami situasi yang terjadi di lingkungan kerja. Adapun sasaran ektsernal adalah siswa SMK memiliki potensi diri sehingga tidak ragu akan kemampuan yang dimiliki. Metode yang dilakukan adalah dengan (1) menentukan informasi yang dibutuhkan, (2) menentukan pendekatan atau metode pengumpulan informasi, (3) membuat instrument berdasarkan metode yang telah ditentukan, (4) pengambilan data, (5) mengolah data dan interpretasi, (6) merancang intervensi yang akan digunakan, (7) melaksanakan psikoedukasi diawali dengan pemberian pretest serta diakhiri dengan post tes, (8) mengevaluasi hasil psikoedukasi 8.terhadap peningkatan kapasitas siswa SMA secara keseluruhan. Hasil yang dicapai adalah mitra memahami bagaimana meningkatkan potensi diri dengan mengenali diri sendiri agar kapasitas yang dimiliki semakin meningkat. Siswa mampu untuk mengenali diri sendiri, memahami kondisi diri dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan, serta memiliki kemampuan untuk mengambil suatu permasalahan agar kedepannya dapat menentukan langkah secara mandiri.
Kata kunci: psikoedukasi, potensi diri, siswa SMK
Full Text:
PDFReferences
Effendy, O, U. (2009). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ruben, B.D., Stewart, L. (2006). Communication and Human Behavior (5th Edition). London: Pearson
Rosliana. (2020). Pengaruh Teknik Ice Breaking Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Mahasiswa. Jurnal Konseling Andi Matappa. 4(2), 170-177. Doi: http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v4i2.763
Spector, P, E. (2019). Industrial and Organizational Psychology: Research and Practice (7th edition). Wiley.
Article Metrics
Abstract view : 31 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.