PKM Pemanfaatan Limbah Sampah Anorganik dari Plastik Menjadi Produk Kerajinan Tangan Tas di Majelis Taklim Masjid An-Nur Maronde Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar

Syamsunardi Syamsunardi(1*), Hasriyanti Hasriyanti(2), Muh. Darwis(3), Nur Syam(4),

(1) Jurusan Geografi, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Geografi, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Geografi, Universitas Negeri Makassar
(4) Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Majelis Taklim Masjid An-Nur Maronde Kelurahan Malewang Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Permasalahannya, masyarakat khususnya ibu-ibu Majelis Taklim Masjid An-Nur Maronde Kelurahan Malewang Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar ini perlu diinspirasi untuk menjaga lingkungan dari sampah yang setiap hari semakin banyak. Masyarakat dilingkungan Maronde khususnya ibu-ibu Majelis Taklim Masjid An-Nur belum mempunyai ide untuk pengelolaan sampah plastik menjadi barang bermanfaat dan memiliki nilai jual. Kurangnya kesadaran masyarakat akan dampak negatif yang ditimbulkan oleh sampah dan khususnya sampah plastik yang akan berdampak buruk bagi kehidupan dan kesehatan mereka. Seharusnya semua masyarakat sadar akan bahayanya sampah tersebut. Ibu-ibu Majelis Taklim Masjid An-Nur diajarkan bagaimana mengelola sampah plastik menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki nilai jual. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini metode ceramah, diskusi, tanya jawab, kerja kelompok dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah 1) Meningkatkan kesadaran Masyarakat membuang sampah plastik pada tempatnya untuk mengurangi dampak negatif sampah, 2) Menjadikan sampah plastik menjadi suatu barang bernilai jual, 3) Daur ulang sampah plastik menjadi tas.

 

Kata kunci: Sampah Plastik, Majelis Taklim, daur ulang.

Full Text:

PDF

References


Gusti Dia, dkk. 2015. TAS KEPO (Keren dan Populer) dengan Recycling Sampah Plastik untuk Mengurangi Timbulnya Dampak Negatif Sampah Plastik dan Menciptakan Wirausaha Berdikari. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dari https://pkm.umsida.ac.id/file_lolos/121020700030_DIA%20GUSTI%20ADI%20TIGA.pdf.

Malaya AK, dkk. 2021. PKM-K Plash Bag: Tas Berbahan Plastik Kresek Sebagai Upaya Meminimalisasi Sampah Plastik. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dari http://eprints.ums.ac.id/92762/1/A510160222.pdf.

Putra, H.P., & Yuriandala, Y. 2010. Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. Vol.2, No.1, Hal. 21-31. ISSN: 2085-1227.

Zairin. 2019. Kerusakan Lingkungan Dan Jasa Ekosistem. Artikel Pencemaran lingkungan Hidup Akibat Sampah. Dari http://digilib.uinsby.ac.id/31826/1/Asthilia%20Ayuningtias_C86215010.pdf


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.