Pelatihan Bimbingan Karir melalui Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Kewirausahaan bagi Guru MGBK SMA/SMK

Akhmad Harum(1*), Muhammad Anas(2), Sulaiman Samad(3), Suciani Latif(4),

(1) Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(2) Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(3) Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(4) Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Musyawarah Guru BK SMA/SMK Kab. Sidrap Merupakan salah satu organisasi profesi yang seantiasa konsisten melakukan kegiatan untuk peningkatan kemampuan guru BK dalam memberikan layanan BK di sekolah. Faktanya saat ini banyak guru BK di Sulawesi selatan terkhusus guru BK yang tergabung pada MGBK SMA/SMK Kab. Sidrap belum paham menginternalisasi nilai-nilai kewirausahaan pada diri siswa yang bisa dintegrasikan dalam layanan BK salah satunya ialah Bimbingan karir. Bimbingan karir melalui internalisasi nilai kewirausahaan dianggap penting untuk dilakukan pada siswa karena sebagai penguatan karakter siswa untuk memasuki dunia kerja dan dunia industry di masa yang akan datang. Guru BK perlu membekali penguatan karakter siswa dalam meningkatkam karakter wirausaha yang ada pada setiap siswa. Pelaksanaan pelatihan Bimbingan dan Konseling pada MGBK SMA/SMK Kab. Sidrap terlaksana sesuai dengan rencana. Pelaksanaan kegiatan pelatihan berjalan selama satu hari yaitu pada tanggal 25 Mei 2022. Kegiatan dilaksanakan melalui luring di SMKN 1 Sidrap dimana peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan guru BK di kabupaten Sidrap yang tergabung pada MGBK SMA/SMK dengan jumlah peserta 27 orang. Kegiatan pelatihan Bimbingan karir melalui internalisasi nilai nilai karakter (penguatan karakter) diberikan kepada guru BK pada MGBK SMA/SMK di Kabupaten Sidrap menunjukkan keberhasilan dalam meningkatkan kemampuan guru BK dalam melaksanakan layanan dan memperkaya strategi layanan BK di sekolah. Hal ini tergambarkan sebelum dan setelah pelaksanaan kegiatan dilakukan. Dari lembar kerja yang dibagikan melalui google form kepada peserta tergambarkan bahwa hampir secara keseluruhan guru BK  45% memiliki kemampuan memahami konsep Bimbingan karir melalui internalisasi nilai nilai karakter dan setelah pelatihan menjadi 90% kemudian 55% menjadi 90% guru BK memahami cara melaksanakan tahapan Bimbingan karir melalui internalisasi nilai nilai karakter mulai dari tahap pembentukan, perencanaan, inti dan pengakhiran, serta 90% guru sudah mampu memahami berbagai macam teknik dan metode Bimbingan karir melalui internalisasi nilai-nilai karakter (penguatan karakter).

Kata Kunci: Bimbingan Karir, karakter kewirausahaan, MGBK Sidrap

Full Text:

PDF

References


Anonim, a.2022. https://core.ac.uk/download/pdf/266979189.pdf , diakses 1 Maret 2022.

Anonim,b. 2022. https://www.researchgate.net/publication/312074006_Penguatan_Nilai-Nilai_Kewirausahaan_dan_Pendidikan_Karakter_Bagi_Mahasiswa_PAI_IAIN_Surakarta/fulltext/5879266d08ae4445c05d5afc/Penguatan-Nilai-Nilai-Kewirausahaan-dan-Pendidikan-Karakter-Bagi-Mahasiswa-PAI-IAIN-Surakarta.pdf, diakses 1 Maret 2022.

Anonim, c. http://adminpublik.uma.ac.id/2020/11/16/pentingnya-belajar-kewirausahaan-sejak-dini-untuk-menanamkan-mentalisme-wirausaha/, diakses 1 Maret 2022.

Herr, Edwin, L. dan Cramer, Satanley, H. (1979). Career Guidance and Counseling Through the Life Span : Systematic Approaches. Amerika : Little Brown & Company.

McClelland, David C. (2009). Entrepreneur Behavior and Characteristics of Entrepreneurs.The Achieving Society, Journal of Personality and Social Psychology.

Surya, Muhammad. 1988. Dasar-dasar Konseling Pendidikan, (Konsep dan Teori). Yogyakarta : Kota Kembang.

Natawidjaja, Rochman. (1990). Fungsi Profesionalisasi Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan: Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Tetap pada FIP IKIP Bandung.

Rukka, Muhammad Rusli. 2011. Buku Ajar Kewirusahaan -1.. Makassar :Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan Universitas Hasanuddin.

Santosa, Gina, 2009. Pengembangan Kurikulum Sejarah Berbasis Skill dan Entrepreneurship untuk Peningkatan Kompetensi Lulusan, Makalah Lokakarya Nasional: PPS Undip Semarang.


Article Metrics

Abstract view : 35 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.