Impelementasi Sistem Informasi Penasihat Akademik SIM PA Berbasis Web dalam Lingkup Universitas Negeri Makassar

Muhammad Agung(1*), Baso Riadi Husda(2),

(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Universitas Negeri Makassar khususnya prodi-prodi di Fakultas yang memiliki banyak mahasiswa sangat membutuhkan sistem informasi yang berhubungan dengan perwalian mahasiswa. Sehingga dengan adanya program ini diharapkan akan mempermudah dosen wali dalam memberikan bimbingan dan nasehat kepada mahasiswanya berdasarkan data – data dari mahasiswa itu sendiri. Aplikasi Perwalian merupakan suatu aplikasi komputer berbasis web yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data, juga memberi informasi tentang data mahasiswa dan segala kegiatan perwalian mahasiswa. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan administrator dalam mengolah data-data tersebut serta dalam membuat laporan untuk diberikan pada bagian jurusan. Cara kerja program aplikasi adalah administrator/ user cukup memasukkan password untuk login dan dapat memilih menu-menu yang telah disediakan dalam menu utama untuk melakukan proses. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi web ini dapat memudahkan admin dalam mengelola dan menyimpan data mahasiswa, dosen dan perwalian serta memudahkan admin/ user untuk mendapatkan informasi mengenai data-data tersebut.

 

Kata Kunci: Sistem Perwalian; Sistem Informasi; Perwalian Akademik; Mahasiswa; Dosen.


Full Text:

PDF

References


Suharto, Cosmo Eko. 2017. Perancangan Sistem Informasi Penggajian Terintegrasi Berbasis Web (Studi Kasus Di Rumah Sakit ST.Elisabeth). ISSN 2460-3465.

Melani Susanti. 2016. Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Smk Pasar Minggu Jakarta. Jurnal informatika, Vol III, No 1.

Ogedebe, P.M.,& Jacob, B.P. 2012. Software Prototyping: A Strategy to Use When User Lacks Data Processing Experience. ARPN Journal of Systems and Software. VOL. 2, NO.6. 2012.

Kadir, Abdul. 2008. Pemprograman Web. Yogyakarta: Andi.

Sunarfrihantono, Bimo. 2002. PHP Dan MySQL Untuk Web. Yogyakarta: Andi.


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.