PKM Pelatihan Model Pembelajaran SQ3R dan PQ4R bagi Guru di UPTD SD Negeri 16 Garogo Kabupaten Majene

Abd Halik(1*), Nur Ilmi(2), Nurjannah Nurjannah(3),

(1) Prodi PGSD, Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi PGSD, Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi PGSD, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Salah satu faktor penunjang dalam tercapainya tujuan pembelajaran yakni dengan menerapkan model pembelajaran. Melalui model pembelajaran siswa akan lebih mudah menerima materi secara efektif dan menyenangkan. Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri 16 Garogo kab. Majene diketahui bahwa : 1) Pengetahuan guru terhadap model pembelajaran yang inovatif masih minim. 2) Pengetahuan guru terkait model pembelajaran SQ3R dan PQ4R masih kurang. Untuk itu, diadakanlah pelatihan terkait model pembelajaran. Adapun tujuan pengabdian ini adalah 1) memberikan materi model-model pembelajaran inovatif, khususnya model pembelajaran SQ3R dan PQ4R, 2) memberikan materi langkah-langkah penerapan model-model pembelajaran khususnya model pembelajaran SQ3R dan PQ4R. Sasaran dalam pengabdian ini adalah guru-guru di SD Negeri 16 Garogo Kab. Majene. Adapun metode yang akan dilakukan yakni ceramah, tanya jawab dan praktik. Setelah pelatihan, 1) guru mampu menjelaskan model-model pembelajaran terutama model pembelajaran pembelajaran SQ3R dan PQ4R, 2) guru mampu menerapkan langkah-langkah model pembelajaran SQ3R dan PQ4R.

Kata kunci : Model Pembelajaran,  SQ3R, PQ4R, Siswa.


Full Text:

PDF

References


Friani, I. F., Sulaiman, & Mislinawati. (2017). Kendala Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), 88–97.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2007. Model–Model Pembelajaran Inovativ Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wulandari, S., Budiyono, B., & Iswahyudi, G. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Dan Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Gaya Belajar. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(1), 34–47.

Wulandari, S., Budiyono, B., & Iswahyudi, G. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Dan Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Gaya Belajar. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(1), 34–47.

Yulianti, L.Eva., Wirya, I. N., & Arini, N. W. (2013). Penerapan Metode Pq4R ( Preview , Question , Read , Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sd. E-Journal Undiksha, 10.


Article Metrics

Abstract view : 41 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.