PKM Pelatihan Computational Thinking bagi Guru Mts Al Wasilah Lemo Kabupaten Polewali Mandar

Dyah Vitalocca(1*), Dyah Darma Andayani(2), Ridwansyah Ridwansyah(3),

(1) 1Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Elektronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Sekolah Madrasah Tsanawiyah Al- Wasilah Lemo di Kabupaten Polewali Mandar. Diperoleh informasi bahwa mitra mempunyai permasalahan pada aspek (1) pengetahuan, dan (2) praktik. Pada aspek pengetahuan, mitra pengabdian belum banyak mendapatkan informasi dan materi mengenai cara mengerjakan soal-soal dengan model Computational Thinking. Pada aspek praktik, mitra pengabdian belum mempunyai banyak pelatiha dalam mengerjakan soal-soal dengan model penyelesaian Computational Thinking. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, latihan, tanya jawab, dan pendampingan mengerjakan soal-soal. Hasil yang dicapai adalah (1) peningkatan aspek pengetahuan dengan cara workshop dengan memberikan transfer pengetahuan tentang Computational Thinking, (2) peningkatan aspek praktik dengan memberikan pelatihan dengen metode Computational Thinking.

 

Kata kunci: Computational thinking, latihan


Full Text:

PDF

References


Giannakos, M. (2020). Computational thinking education : Issues and challenges. Computers in Human Behavior, (November 2019). https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.106185

Nouri, J., Zhang, L., Mannila, L., & Norén, E. (2020). Development of computational thinking , digital competence and 21 century skills when learning programming in K-9. Education Inquiry, 11(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/20004508.2019.1627844

Reigeluth, C. M. (2016). Classes of instructional variables ( 7 ), (March 1980).

Reigeluth, C. M., Empowerment, T., & Choice, S. (2014). What is Instructional Design Theory and How Is it Changing? (93), (March).

Wagner, T. (2008). Educational Leadership, 66(2).

Yasin, M. (2020). COMPUTATIONAL THINKING UNTUK PEMBELAJARAN DASAR-DASAR COMPUTATIONAL THINKING UNTUK PEMBELAJARAN DASAR - DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER akan membantu mereka menghadapi tuntutan kehidupan abad ke - 21 dengan lebih baik ., (April), 0–11.

Zahratul Fitri, E. U. (2021). Penerapan Metode Computational Thinking Pada Kuriikulum Aceh Untuk Mencapai Kognitif Penerapan Metode Computational Thinking Pada Penerapan Metode Computational Thinking Pada Kurikulum Aceh Untuk Mencapai Kognitif kulum Aceh Untuk Me capai Kogniti "Mencip, 4(1), 60–73.

Aho, A. 2011. Computation and computational thinking. Ubiquity Symposium. DOI: 10.1145/1895419.1922682

Aren. http://aren.cs.ui.ac.id/kikd/index.php

Bebras Indonesia. http://bebras.or.id/v3/pembahasan-soa32l/h

Bar, Valarie., Stephenson, Chris. Bringing Computational to K-12. ACM in roads. 2011

Curriculum. https://code.org/curriculum/science/files/CS_in_Science_Module_1.pdf

Computer science. https://www.csteachers.org/page/standards

Denning, Peter J., Computational Thinking in Science. American Science. 2017

Education http://www.bbc.co.uk/education/topics/z7tp34j

Iste. http://www.iste.org

K12. https://k12cs.org/


Article Metrics

Abstract view : 47 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.