PKM Menulis Kreatif Cerpen Berbasis Lingkungan Dengan Media Film Strip

Sakaria Sakaria(1*), Asia M(2),

(1) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) adalah Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pancasakti Makassar. Berdasarkan kajian analisis situasi dinyatakan bahwa mitra memiliki permasalahan pada: (1) terbatasnya pengetahuan menuangkan mengungkapkan ide, gagasan dan imajinasi dalam bentuk tulisan cerpen, dan (2) penggunaan media dalam pembelajaran menulis kreatif cerpen belum efektif sehingga kemampuan menulis masih sangat rendah. Solusi permasalahan yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah mitra yaitu, penggunaan media film Strip. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam kegiatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini menggunakan metode pelatihan dengan strategi kronologis. Hasil kegiatan pelatihan menunjukan bahwa tingkat pengetahuan dan kemampuan peserta pelatihan mengalami peningkatan. Pengunaan media film strip memberikan gambaran awal akan cerita yang akan ditulis, lebih banyak memiliki inspirasi dari pada sebelum penggunaan media film strip. Kendala-kendala yang dialami dalam pembelajaran menulis cerpen adalah kurangnya inspirasi dan kosakata sulit untuk memulai baik dalam menentukan tema dan  judul dapat teratasi.

Full Text:

PDF

References


Duffy, B. 2006. Supporting creativity and imagination in the early years. McGraw-Hill Education (UK).

Hasibuan, S. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Metode Latihan Terbimbing Menggunakan Gambar di SMAN 4 Pekanbaru. GERAM, 5(2) 1-6.

Kusmayadi, Ismail. 2010. Lebih Dekat dengan Cerpen. Jakarta: Trias Yoga.

Mulyati, Y. 2014. Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta:Universitas Terbuka.

Nuryatin, A., & Irawati, R. P. 2016. Pembelajaran menulis cerpen. Yogyakarta: Cipta Prima Nusantara.

Sugiarto, E. 2014. Mahir Menulis Cerpen: Panduan bagi Pelajar. Yogyakarta: Grup Khitah Publishing.

Vera, Sardila. 2016. Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida’, 40(2), 110-117.

Wicaksono, A. 2014. Menulis Kreatif Sastra: dan Beberapa Model Pembelajarannya.Yogyakarta: Garudhawaca.

Wikanengsih, W. 2013. Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan.


Article Metrics

Abstract view : 49 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.