Peningkatan Profesionalisme Guru-Guru SMPN 1 Pamboang Sulawesi Barat dengan Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Flipped Classroom

Jusniar Jusniar(1*), Army Auliah(2), Alimin Alimin(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penyusunan perangkat pembelajaran berbasis Flipped Classroom diharapkan dapat memperkaya khazanah pengetahuan dan profesionalisme guru-guru akan keberagaman model pembelajaran inovatif. Model blended ini relevan dengan era 4.0 yang lebih menekankan pada pemanfaatan teknologi untuk memaksimalkan pembelajaran. Disamping itu, mengamodasi karakteristik generasi z yang senang menggunakan teknologi dan penyiapan generasi emas di masa depan. PKM ini bertujuan memberikan tambahan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan bagi guru-guru dalam hal penyusunan RPP berbasis Flipped Classroom. Metode PKM yang diterapkan berupa pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan RPP berbasis Flipped Classroom dengan waktu empat pekan. Kegiatan ini diawali dengan penetapan indikator-indikator pencapaian kompetensi atau materi yang akan dirancang sesuai model Flipped Classroom. Hasil PKM secara umum direspon “sangat baik” oleh 20 peserta dari hasil jajak persepsi melalui angket. Mereka berharap kegiatan-kegiatan sejenis ini berkelanjutan untuk lebih meningkatkan profesionalisme guru-guru. Kegiatan pelatihan ini menghasilkan guru-guru yang mengerti dan memahami cara menyusun RPP berbasis Flipped Classroom yang sangat dibutuhkan oleh lembaga pendidikan khususnya para guru di SMPN 1 Pamboang Majene Sulawesi Barat.

Kata Kunci: Profesionalisme, Flipped Clasroom, Perangkat Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Battelle for Kids. (2019). Framework for 21st century learning definitions. https://bit.ly/3i9iQDK

Eppard J & Rochdi A. (2017). A Framework for Flipped Learning. 13th International Conference Mobile Learning.

Hamzah. 2011. Model PembalajaranMenciptakan Proses BelajarMengajar. Jakarta: BumiAksara.

Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan (sebuah orientasi baru). Jakarta: Penerbit Referensi.

Muhammad Yaumi. 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. jakarta: Penerbit Kencana.

Nederveld, A & Berge. 2015. Journal: Flipped Classroom in Workplace”. Publishing fomemerald.com.

Pardjono. 2013. Landasan Filosifis Teoritis Penelitian Tindakan dan Aplikasinya. Bandung. Alfabeta.

Partnership for 21st Century Skills. (2009). P21 Framework Definitions. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED519462.pdf

Rusman. 2013. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali pers.

Sohrabi B & Iraj H. 2016. Implementing flipped classroom using digital media: A comparison of two demographically different groups perceptions. Comput Hum Behav; 60: 514– 524. doi.org/10.1016/j.chb.2016.02.056.


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.