Pelatihan Penerapan Strategi Pq4r untuk Meningkatkan Kemampuan Mengubah Puisi Ke dalam Bentuk Naskah Drama Siswa SMU Negeri 2 Majene

Suarni Syam Saguni(1*), Nensilianti Nensilianti(2), Aslan Abidin(3),

(1) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah SMU Negeri 2 Majene. Masalahnya adalah: (1) kurang kreatifnya siswa dalam mencipta karya sastra; (2) adanya kesulitan siswa dalam menuangkan gagasan, perasaan, dalam berbagai bentuk genre sastra; (3) metode dan strategi pengajaran yang digunakan cenderung kurang mendorong siswa untuk lebih termotivasi; (4) belum tersedianya media yang menarik. Sasaran eksternal adalah naskah drama yang dapat dipentaskan atau divisualkan.  Metode pendekatan yang dapat membantu dalam menyelesaikan masalah yang ada yaitu dengan pelatihan penerapan strategi dalam meningkatkan keterampilan dengan strategi PQ4R. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dalam menerapkan strategi pengajaran berbasis keterampilan bersastra; (2) mitra memiliki peningkatan minat,  apresiasi dalam menulis karya sastra khususnya menulis naskah drama, (3) mitra memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi karya sastra,  khususnya naskah drama.

 

Kata kunci: Strategi PQ4R, siswa, kreativitas, naskah drama.

Full Text:

PDF

References


Julia, T. N. (2021). Hubungan antara Minat Membaca Sastra dengan Kemampuan Mengarang Cerita pada Siswa Kelas X Man Bintuhan Kabupaten Kaur Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral Dissertation, UIN Fatmawati Sukarno).

Novala, M. F. (2021). Kajian Profetik Novel Dalam Mihrab Cinta Dan Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman El-Shirazy Dan Pemanfaatannya Dalam Pembelajaran Sastra Di Perguruan Tinggi (Doctoral Dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Rahman, A. (2018). Peran Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 5(1).

Romadhon, S. (2019). Manajerial Keterampilan Menulis: Kiat Sukses Menulis Ragam Teks Fiksi Dan Nonfiksi (Vol. 105). Duta Media Publishing.

Sartika, W., & Effendi, M. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, And Review) Terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Naskah Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Lubuklinggau. Diksa: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 86-93.

Silvia, N. (2016). Kemampuan Mengubah Puisi Balada Menjadi Karangan Narasi Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran

Syahwardi, S. F. (2021). Analisis Alur Cerita Pada Naskah Drama Nyi Putri Gilang Rukmini Karya Yusef Muldiyana Sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Kelas Xi Sma (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas).

Syam, S., & Nensilianti, N. (2019). Keefektifan Penerapan Media Pop Up Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen. In Seminar Nasional LP2M UNM.

Trianto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Jakarta: Prestasi Pustaka.


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.