PKM Peningkatan Kompetensi Guru SDN 16 Garo’go Kabupaten Majene membuat Soal HOTS

Zaid Zainal(1*), St. Maryam(2), Usman Usman(3),

(1) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Soal HOTS tidak serta merta dapat dikuasai oleh siswa dan guru tanpa adanya stimulus yang diberikan. Oleh karena itu tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang ciri-ciri soal HOTS dari C4 – C6, strategi membuat pengecoh yang efektif/berfungsi, mengubah soal LOTS menjadi HOTS serta memberikan pengalaman langsung dalam membuat soal HOTS dan pengecohnya. Metode pelaksanaan PKM terdiri dari tiga tahap, yakni pendahuluan, solusi mitra, dan evaluasi. Pengabdian ini melibatkan 17 guru, 3 observer dan 2 pemateri. Survey awal pada lokasi mitra diperoleh hasil bahwa hanya 3 dari 17 orang guru SD yang tepat memahami apa itu HOTS. Sebanyak 60 % guru yang pernah mendengar istilah HOTS, 30% yang memahami definisi HOTS, dan  hanya 10 % guru yang dapat membuat soal HOTS. Seluruh responden yang berjumlah 17 guru (100%), sepakat bahwa soal HOTS perlu dikembangkan untuk mempersiapkan dan membekali siswa dalam menghadapi kompetisi di abad 21. Setelah dilakukan pembelajaran dan praktek pembutan soal Hots terhadap guru-guru tersebut diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan guru-guru di SDN Garo’go Kabupaten Majene dalam membuat soal HOTS

 

Kata kunci: Soal High Order Thinking Skill (HOTS), Kecakapan Abad 21


Full Text:

PDF

References


Atmojo, I., Sunarno, W., & Ashadi, M. (2017). Profile of elementary school pre-service teacher based on high order thinking skills (HOTS) on natural science subject. International Conference on Teacher Training and Education 2017 (ICTTE 2017).

Daryanto and Syaiful Karim, “Pembelajaran Abad 21,” Gaya Media, 2017.

Dodi Iskandar and Senam Senam, “STUDI KEMAMPUAN GURU KIMIA SMA LULUSAN UNY DALAM MENGEMBANGKAN SOAL UAS BERBASIS HOTS,” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 1, no. 1 (April 1, 2015): 65–72, https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4533

Heri Retnawati et al., “Teachers’ Knowledge about Higher-Order Thinking Skills and Its Learning Strategy,” Problems of Education in the 21st Century 76, no. 2 (2018): 215–30.

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher Order Thinking Skills from Elementary to Master Students in Environmental Learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935–942.

Maksum, A., & Suntari, Y. (2019). Pelatihan Penyusunan Soal Ips Berbasis Hots. Jurnal Pemberdayaan Sekolah Dasar (JPSD), 2(1), 10–13.

Nursiah Sappaile, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik , Kompetensi Profesional , Dan Sikap Profesi Guru Tehadap Kinerja Penilaian Guru Di Sekolah Dasar,” Jurnal Teknologi Pendidikan 19, no. 1 (2017): 47–58, https://doi.org/10.1080/08897077.2014.993491

Rafiq Badjeber and Jayanti Putri Purwaningrum, “Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP,” Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 1 (2018): 36–43, https://unisa-palu.ejournal.id/gurutua/article/view/

Retnawati et al., 2019 “Teachers’ Knowledge about Higher-Order Thinking Skills and Its Learning Strategy.”

Santi, D. P. D., Sulaiman, H., & Kurnia, M. D. (2020). KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BUKU POP UP DI SLB TUNAGRAHITA KABUPATEN CIREBON. Prosiding, 9(1).

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Analisis soal-soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada kurikulum 2013 untuk mendukung kemampuan literasi siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884.

Tatan Zaenal Mutakin, “Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Dan Latar Belakang Terhadap Kinerja Guru,” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3, no. 2 (2015): 145–56, https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.122.

Tony Thompson, “Mathematics Teachers’ Interpretation of Higher-Order Thinking in Bloom’s Taxonomy,” International Electronic Journal of Mathematics Education 3, no. 2 (2018): 96–108.


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.