PKM Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMA Negeri 15 Bone

Sulmiah Sulmiah(1*), Sirajuddin Saleh(2), Rusdi Rusdi(3), Maya Kasmita(4),

(1) Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan IPS dan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra adalah belum memahami dengan baik tentang konsep penelitian tindakan kelas (PTK), Mitra belum bisa membedakan jenis penelitian tindakan kelas dengan penelitian yang lain, dan mitra belum memahami tata cara penyusunan laporan penelitian tindakan kelas. Oleh karena itu, dalam rangka mengatasi masalah tersebut di atas, maka solusi yang ditawarkan adalah dengan melakukan pelatihan dan bimbingan terhadap mitra tentang penelitian tindakan kelas, khususnya dalam hal penyusunan laporan penelitian tindakan kelas. Pelatihan tersebut diharapkan akan menghasilkan suatu Format sistematika penulisan/penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan guru-guru yang sudah dilatih (mitra) memiliki keterampilan/ pemahaman dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas.

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84/1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Keputusan bersama Menteri Pendidikan dan kebudayaan dan Kepala BAKN Nomor 0433/P/1993, nomor 25 tahun 1993 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 025/0/1995.

Kemmis, S. and McTaggart, R. 1988. The Action Researh Reader. Victoria, Deakin University Press.

Suhardjono, Azis Hoesein, dkk. 1996. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Widya-iswara. Jakarta: Depdikbud, Dikdasmen.

Suhardjono. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah pada “Diklat Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsional Guru”, Direktorat Tenaga Kependidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas.

Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai KTI, Makalah pada “Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di Makassar”.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Peneilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.

Supardi. (2005). Penyusunan Usulan, dan Laporan Penelitian Penelitian Tindakan Kelas, Makalah disampaikan pada “Diklat Pengembangan Profesi Widyaiswara”, Ditektorat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.