Century 21 Skill Guru-Guru SMPN 1 Pamboang dengan Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Case Method dan PBL
(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM
(2) Jurusan PKK FT UNM
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penyusunan perangkat pembelajaran berbasis Case Method dan Problem Based Learning (PBL) diharapkan menanamkan skill abad – 21 baik kepada guru ataupun siswa. Keterampilan abad 21 yaitu Communication, Collaboration, Crtical dan Creative thinking akan berguna dalam perkembangan kehidupan dan karir siswa. Hal ini merupakan salah satu implikasi dari Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017 serta penyiapan generasi emas di masa depan dengan penerapan model-model pembelajaran inovatif seperti Case method dan PBL. PKM ini bertujuan memberikan tambahan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan bagi guru-guru dalam hal penyusunan RPP berbasis Case method dan PBL. Metode PKM yang diterapkan berupa pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan RPP berbasis Case Method dan PBL dengan waktu empat pekan. Kegiatan ini diawali dengan penetapan indikator-indikator pencapaian kompetensi atau materi yang akan dirancang sesuai model Case Method dan PBL. Hasil PKM secara umum direspon “sangat baik” oleh 15 peserta dari hasil jajak persepsi melalui angket. Mereka berharap kegiatan-kegiatan sejenis ini berkelanjutan untuk lebih meningkatkan profesionalisme guru-guru. Kegiatan pelatihan ini menghasilkan guru-guru yang mengerti dan memahami cara menyusun RPP berbasis Case Method dan PBL yang sangat dibutuhkan oleh lembaga pendidikan khususnya para guru di SMPN 1 Pamboang Majene Sulawesi Barat.
Kata Kunci: Century Skill, Case Method, PBL, Perangkat Pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Carbaugh, B., Marzano R., & Toth, M. 2017. New to the Marzano Teacher Evalution Model? The Marzano Focused Teacher Evaluation Model. A Focused, Scientific-Behavioral Evaluation Model for Standards-Based Classrooms. West Palm Beach: Learning Scince Marzano Center.
Danielson, Charlotte. 2013. Framework For Teaching Instrument
evaluation .
Indri Sari Utami, Rahmat Firman Septiyanto, Firmanul Catir Wibowo, dan AnangSuryana. 2017. Pengembangan STEAM-A (Science, Technology,
Engineering, Mathematic and Animation) Berbasis Kearifan Lokal dalam
Pembelajaran Fisika. Artikel Jurnal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AlBiRuNi, 06 (1) :67-73.
Nailul Khoiriyah, Abdurrahman, dan Ismu Wahyudi. 2018. Implementasi
pendekatan pembelajaran STEAM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Artikel Jurnal. JRKPF UAD Vol.5 No.2 Oktober.
NRC National Research Council of The National Academies. 2011. Successful K-
STEAM Education: Identifying Effective Approaches in Science,
Technology, Engineering, and Mathematics. Washington D.C.: The National Academies Press.
Prescott, J. E., Bundschuh, K., Kazakoff, E. R., Elise, J., Bundschuh, K., &
Kazakoff, E. R. (2018). Elementary school – wide implementation of a
blended learning program for reading intervention. The Journal of
Educational Research, 111(4), 497–506.
https://doi.org/10.1080/00220671.2017.1302914. 2011.
Sahih, Alpaslan. 2015. A Practice-based Model of STEAM Teaching STEAM
Students on the Stage (SOS)TM. Rotterdam: Sense Publishers.
Tribun News.com Gowa. Koran On-line tanggal 10 oktober 2020.
Usman M.U. 2007. Menjadi Guru Prefesional, Bandung: Rosda Karya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen .
Article Metrics
Abstract view : 40 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.