PKM Penerapan Protokol dan Status Hidrasi Atlet

Arimbi Arimbi(1*), Wahyana Mujari Wahid(2), Abdul Rahman(3), Poppy Elisano Arfanda(4), Sudiadharma Sudiadharma(5),

(1) Jurusan Fisioterapi, Fakultas Ilmu Keolahragaan & Kesehatan, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan & Kesehatan, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan & Kesehatan, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pendidikan Jasmani &Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan & Kesehatan, Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Pendidikan Kepelatihan, Fakultas Ilmu Keolahragaan & Kesehatan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Lembaga P3KORIN yang bidang konsentrasinya dalam melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga kesehatan. Masalahnya adalah: (1) kurang pengetahuan dan pemahaman tentang kondisi dehidrasi, (2) kurang pemahaman tentang strategi yang dapat dilakukan untuk rehidrasi atlet, (3) belum mengenal protocol hidrasi, dan (4) kurang pemahaman tentang bahaya kondisi dehidrasi bagi Kesehatan. Sasaran capaian kegiatan adalah memberi pengenalan dan edukasi tentang protokol hidrasi dan penerapannya, yang diharapkan kegiatan ini dapat memberi dampak bias bagi komunitas-komunitas olahraga lainnya sehingga para pelaku olahraga, pelatih, atlet maupun praktisi olahraga kembali menyegarkan pemahamannya bahwa performa optimal dalam berolahraga tidak hanya diperoleh dari Latihan tetapi dengan menjaga kecukupan nutrisi dan cairan agar kondisi kesehatan secara umum dapat terpelihara. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan tentang protokol hidrasi), (2) mitra memiliki pemahaman dalam penerapan protokol hidrasi, (3) mitra memperoleh pengetahuan dampak kondisi dehidrasi bagi kesehatan dan (4) mitra memperoleh pengetahuan bentuk-bentuk teknik protokol hidrasi yang dapat diterapkan saat dan setelah berolahraga.

 

Kata kunci: protokol hidrasi, dehidrasi, rehidrasi, kesehatan, atlet


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alim, A. (2012). Persepsi atlet terhadap kebutuhan cairan (hidrasi) saat latihan fisik dan recovery pada unit kegiatan mahasiswa olahraga Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Bakri, S. (2019). Status gizi, pengetahuan dan kecukupan konsumsi air pada siswa SMA Negeri 12 Kota Banda Aceh. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 4(1), 22–27.

Cohen, D. (2012). The truth about sports drinks. Bmj, 345.

Dieny, F. F., & Putriana, D. (2015). Status hidrasi sebelum dan sesudah latihan atlet sepak bola remaja. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 3(2), 86–93.

Putri, T. N., Siagian, A., & Sudaryati, E. (2017). Gambaran Tingkat Pengetahuan Gizi Olahraga, Frekuensi Minum Minuman Isotonik, Kebugaran Jasmani, dan Status Gizi pada Atlet Sepakbola di Divisi Utama Persatuan Sepakbola Langkat (PSL) Bapor Pertamina Pangkalan Susu Tahun 2017.

Shirreffs, S. M. (2009). Hydration in sport and exercise: water, sports drinks and other drinks. Nutrition Bulletin, 34(4), 374–379.


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.