Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK

M. Yusuf A. Ngampo(1*), Abd. Rijal(2), Sitti Hajerah Hasyim(3), Nuraisyiah Nuraisyiah(4),

(1) Prodi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(4) Prodi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah SMK Negeri 7 Pangkep. Masalah yang dihadapi adalah: (1) mitra belum memiliki Pengetahuan dan pemahaman yang memadai tentang pendekatan TPACK, (2) mitra belum memiliki kemampuan memadai dalam menyusun RPP dengan pendekatan TPACK. Metode yang digunakan adalah: ceramah, tanya jawab, simulasi dan praktek. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dan pemahaman yang memadai tentang pendekatan TPACK, (2) mitra memiliki kemampuan memadai dalam menyusun RPP dengan pendekatan TPACK.

Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, TPACK


Full Text:

PDF

References


Barnawi, dkk. (2012). Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: AR-RUZZ MED.

Chai, C.S., Koh, J.H.L., & Tsai, C.C. (2013). A Review of Technological Pedagogical Content Knowledge. Educational Technology & Society. Vol 16(2). Hal: 31-51

Depdiknas. (2005). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Depdiknas. (2005). Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Profesionalisme Guru dan Dosen. Jakarta.: Depdiknas.

Depdiknas. (2005). Peraturan Menteri No. 19 Th 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: BSNP Depdiknas.

Desstya, A. (2018). Validitas Reliabilitas Instrument Technologycal Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Sekolah Dasar Muatan Pelajaran IPA. Journal Basic Of Education, Vol.03 (01).

Fitriani, N. L. (2021). Peningkatan Keaktifan Siswa Tema Wirausaha Melalui Pendekatan TPACK (Technology Pedagogy Content Knowledge) Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Keputon 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Educatif: Journal of Education Research, 1-10.

Mishra, P & Mattew J. K. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record. Vol 108 (6). Hal: 1017- 1054.

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Journal of Civics and Education Studies, 6(4), 65–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/j pkn.v6i1.y2019.p65-74.

Schmidt, Knut & Nielsen. (1997). Animal Physiology 5th Edition; Adaptation and environment. USA: Cambridge University Press.

Srisawasdi & Niwat. (2012). The Role of TPACK in Physics Classroom: Case Studies of Preservice Physics Teachers. Procedia-Social and Behavioral Sciences. Vol 46 : Hal 3235-3243.

Suryawati, E, Firdaus L.N, & Yosua H. (2014). Analisis Keterampilan Technologica Pedagogical Content Knowledge (TPCK) Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Biogenesis. Vol 11(1). Hal: 67-72


Article Metrics

Abstract view : 60 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.