Pengolahan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Mail Merge bagi Guru di Kabupaten Pangkep

Maya Sari Wahyuni(1*), Rahmat Syam(2), Sulaiman Sulaiman(3),

(1) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Teknologi informasi sudah menjadi kebutuhan mendasar dalam aktivitas kita saat ini. Penggunaan teknologi informasi diharapkan mampu mengatasi masalah yang berkaitan kecepatan, keakuratan, ketepatan dalam pengolahan data. Program aplikasi Microsoft Word, merupakan salah aplikasi yang digunakan dalam pembuatan dokumen. Salah satu fitur yang ada di Microsoft Word adalah fitur mail merge. Fitur ini mampu untuk membuat surat massal. Mail merge sering digunakan dalam bentuk surat pengantar, surat keterangan, maupun surat undangan. Penggabungan antara Microsoft Word dan Excel dapat dilakukan dimana naskah dokumen menggunakan Microsoft Word sedangkan datanya diambil dari Microsoft Excel. Penggabungan ini dapat digunakan dalam pembuatan atau penyusunan hasil belajar siswa dimana data hasil belajar siswa diinput menggunakan Microsoft Excel sedangkan naskah laporannya dibuat menggunakan Microsoft Word. Pelaksanaan kegiatan PKM ini berfokus kepada pelatihan Microsoft Word dan Microsoft Excel, yang terbagi atas tiga sesi latihan terhadap materi yang telah diberikan pada setiap akhir pertemuan. Pelaksanaan PKM  di pusatkan di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Pangkep. Peserta kegiatan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena peserta mendapatkan tambahan pengetahuan yang berkaitan dengan pengolahan hasil belajar siswa menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel.

Full Text:

PDF

References


Laudon, K. C., dan Laudon, J. P. 2006. Management Information Systems, Managingthe Digital Firm, 10th Edition, Prentice Hall.

Muningsih, Elly., Marifati, Imam Soleh. Handayani. 2020. Pelatihan Microsoft Word untuk Pengurus Pondok Modern Az-Zahra Al-Gontory Purwokerto. Laporan Pengabdian Masyarakat.

Syahputra, Rian., Buulolo, Efori., & Hutabarat, Hukendik. 2021. Pelatihan Mail Merge Pada Madrasah Aliyah Swasta (Mas) Amaliyah. Jurnal Abdimas Budi Darma. (2), (1): 66 - 68


Article Metrics

Abstract view : 46 times | PDF view : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.