Kegiatan Penting Sebelum Merancang Model Pembelajaran Project Base Learning (Out Door) Karst Maros bagi Peserta PPG SM3T VI Prodi Pendidikan Geografi FMIPA UNM

Suprapta Suprapta(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Perancangan model pembelajaran yang dilatihkan dengan model pendampingan ini lebih menekankan pada merekonstruksi pola pikir hingga di dalam konstruksi pengetahuannya tertanam bah wa model pembelajaran Project Base Learning (outdoor) mengandung prinsip kemampuan merenca nakan proyek dan bekerja dengan prinsip kerja saintis. Target yang berat itu disadari dan berdasar kan juga pada karakter peserta Pendidikan Profesi Pelatihan Guru Sarjana Mengajar Terluar Terdepan Tertinggal (PPG SM3T)   yakni adanya perbedaan asal perguruan tinggi dengan iklim  akademis yang berbeda beda; termasuk dida lamnya perbedaan pengalaman praktek di lapangan. Pelatihan dan mengkonstruksi pengetahuan melalui banyak praktek akan menumbuhkan tingkat employa bilitas masing masing peserta. Kurikulum 2013 yang belum benar benar terpatri sebagai pemahaman setiap calon guru bahkan guru sekalipun menuntut untuk terus dilatihkan. Untuk itu dipilih model pendampingan secara intensive karena dinilai lebih efektif. Untuk mencapai tujuan tersebut di pilihlah kegiatan kegiatan: 1.FGD penentuan tujuan belajar dan lokasi objek, 2.FGD kemungkinan temuan konsep di lapangan, 3.Orientasi medan dan objek, 4.Diskusi di lapangan pada temuan objek, 5.Diskusi di lapangan pada detail temuan objek, 6.FGD temuan fenomena konsep dan temuan lapangan. Hasilnya kegiatan awal yang penting   dalam menyusun Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran model Project Base Learning (out door) adalah: 1.Penentuan awal lokasi berdasarkan Indikator dan tujuan pembelajaran. 2.Perkirakan konsep konsep yang dapat diperoleh di lokasi belajar. 3. Klasifikasi dan pemahaman proses ginesa bentuklahan dan obyeknya. 4. Pendalaman ginesa obyek yang dikaji sedetail mungkin.   
 
Kata kunci: Pendampingan, Project Base Learning (out door), orientasi medan

Full Text:

PDF

References


DahlanYacub Al Barry. 2001).Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya Arkola. Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta. Dwi Siswoyo, dkk. (2011). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Hamzah B Uno (2011). Teori Motivasi& Pengukurannya Jakarta :Bumi Aksara Kompas, Senin 28/1 2013. Pendampingan Paling Efektive dalam pelatihan Guru Max Darsono. dkk. (2000). Belajardan Pembelajaran Semarang :IKIP Semarang Press. Muhibbin Syah. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada Ormrod EJ.(2008).Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh Kembang. Jakarta: Erlangga Sardiman. (2011). Interaksi &Motivasi Belajar mengajar Jakarta:Raja Grafindo Persada. Slavin (2009). Psikologi Pendidikan (Teori dan Praktek). Jakarta. Indeks Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Suharsimi Arikunto. (2002). Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: PT. Grafindo Persada


Article Metrics

Abstract view : 104 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.