Pelatihan Pembuatan Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru SDN Pao-Pao Kec. Somba Opu Kab. Gowa
(1) Univeristas Negeri Makassar
(2) Univeristas Negeri Makassar
(3) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak.Mitra program kemitraan komunitas (PKM) ini adalah Sekolah Dasar Negeri Pao-pao Kabupaten Gowa.
Studi awal, penelitian tindakan sekolah masalah yang ditemukan di SD Negeri Pao-pao berupa kelemahan guru,
yaitu tidak terampil dalam membuat media pembelajaran PowerPoint dalam kegiatan belajar mengajar; Rencana
pelaksanaan penelitian tindakan sekolah antara lain mencakup: a) menetapkan tujuan meningkatkan keterampilan
guru membuat PowerPoint, b)langkah-langkah perencanaan tindakan dengan merencanakan pelaksanaan
Workshop pembuatan media pembelajaran berupa PowerPoint, c) merumuskan keadaan sekarang dengan cara
menganalisis ciri atau masalah sekolah. Analisis peserta pelatihan meliputi nama calon peserta pelatihan, latar
belakang pendidikan calon peserta pelatihan, jenis kelamin, dan keterampilan calon peserta pelatihan dalam
membuat PowerPoint. Pelaksanaan kegiatan dikuti oleh guru SDN Pao-pao Kab. Gowa sebanyak 16 orang. Hasil
pelaksanaan kegiatan adalah (1) kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dengan cara pendampingan
langsung kepada tiap peserta. Inti kegiatan adalah membuat materi ajar dengan menggunakan aplikasi powerpoint.
Hasil analisis hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil sesuai dengan yang diharapkan. Jika dilihat
dari hasil pengamatan dari para peserta sebanyak 90% peserta sudah mampu mengoperasikan aplikasi PowerPoint
tingkat dasar. Yang dimaksud dengan tingkat dasar disini adalah kemampuan peserta dalam memasukkan gambar
dan mengedit teks ke dalam aplikasi PowerPoint. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat ditindak lanjuti dengan
melakukan pengembangan fokus-fokus pelatihan lainnya yang berkaitan dengan powerpoint.
Kata kunci: media pembelajaran; aplikasi powerpoint; teknologi informatika; pembelajaran online
Studi awal, penelitian tindakan sekolah masalah yang ditemukan di SD Negeri Pao-pao berupa kelemahan guru,
yaitu tidak terampil dalam membuat media pembelajaran PowerPoint dalam kegiatan belajar mengajar; Rencana
pelaksanaan penelitian tindakan sekolah antara lain mencakup: a) menetapkan tujuan meningkatkan keterampilan
guru membuat PowerPoint, b)langkah-langkah perencanaan tindakan dengan merencanakan pelaksanaan
Workshop pembuatan media pembelajaran berupa PowerPoint, c) merumuskan keadaan sekarang dengan cara
menganalisis ciri atau masalah sekolah. Analisis peserta pelatihan meliputi nama calon peserta pelatihan, latar
belakang pendidikan calon peserta pelatihan, jenis kelamin, dan keterampilan calon peserta pelatihan dalam
membuat PowerPoint. Pelaksanaan kegiatan dikuti oleh guru SDN Pao-pao Kab. Gowa sebanyak 16 orang. Hasil
pelaksanaan kegiatan adalah (1) kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dengan cara pendampingan
langsung kepada tiap peserta. Inti kegiatan adalah membuat materi ajar dengan menggunakan aplikasi powerpoint.
Hasil analisis hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil sesuai dengan yang diharapkan. Jika dilihat
dari hasil pengamatan dari para peserta sebanyak 90% peserta sudah mampu mengoperasikan aplikasi PowerPoint
tingkat dasar. Yang dimaksud dengan tingkat dasar disini adalah kemampuan peserta dalam memasukkan gambar
dan mengedit teks ke dalam aplikasi PowerPoint. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat ditindak lanjuti dengan
melakukan pengembangan fokus-fokus pelatihan lainnya yang berkaitan dengan powerpoint.
Kata kunci: media pembelajaran; aplikasi powerpoint; teknologi informatika; pembelajaran online
Full Text:
PDFReferences
Ahdar, A. (2018). Pengembangan Media
Pembelajaran Powerpoint Padu Musik
Terhadap Antusiasme Siswa Dalam
Pembelajaran Ilmu Sosial. Jurnal
Dinamika Penelitian, 18(2), 287–302.
Judiani, S. (2011). Kreativitas Dan
Kompetensi Guru Sekolah Dasar.
Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan,
(1), 56.
https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i1.7
Kurniawan, R. Y. (2017). Identifikasi
Permasalahan Pendidikan Di
Indonesia Untuk. (May).
Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D.,
& Solihati, I. (2018). Penggunaan
Power Point Sebagai Media
Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi
(Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43.
https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10
Article Metrics
Abstract view : 121 times | PDF view : 11 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.