PKM Pelatihan Ketatausahaan Berbasis Android Bagi Tenaga Administrasi Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Maros
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
adalah: Identifikasi awal terhadap permasalahan yang dihadapi oleh mitra yakni para tenaga admnistrasi sekolah (tata
usaha sekolah) adalah sebagai berikut: (a) Sejak masa pandemic covid 19 melanda, banyaknya pekerjaan dan tugas
ketatausahaan terhambat dikarenakan kekurang pahaman tenaga administrasi sekolah dalam memanfaatkan perangkat
teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis android; (b) Laporan-laporan yang terkait dengan akses informasi
ke Dinas Pendidikan kerap mengalami keterlambatan karena ketidak mampuan dalam mengikuti ritme pekerjaan yang
begitu cepat harus diselesaikan; (c) Para tenaga administrasi sekolah sudah begitu familiar dengan perangkat android
namunbelummampudimaksimalkankebermanfaatannyadalammenunjangtugas-tugaspokokmereka;(d)
Kebutuhan pengembangan kompetensi teknis tenaga kependidikan/tenaga administrasi sekolah boleh di katakan
sangat jarang dilakukan mengingat porsi perhatian pemerintah masih berfokus kepada tenaga pendidik (guru). Sasaran
eksternal adalah para tenaga kependidikan (administrasi sekolah) pada jenjang SMP Negeri se Kabupaten Maros yang
diundang berdasarkan tingkat kebutuhan pengembangan kompetensinya. Adapun metode yang diguunakan adalah
dengan bentuk ceramah, simulasi (praktek),project work,dengan menggunakan perangkat android (hp, gadget,
laptop). Beberapa hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah (1) mitra telah mengembangkan kemampuan literasi
digital tenaga administrasi sekolah menengah pertama yang lebih baik, (2) mitra menjadi lebih keterampilan untuk
merancang dan menjahit aksesoris, (3) mitra lebih mampu meningkatkan produktivitasnya dalam bekerja meskipun
dilakukan dalam situasiwork from home(bekerja dari rumah), (4) Secara kualitas dan kuantitas pekerjaan-pekerjaan
administrasi sekolah dapat jauh lebih efisien (tepat waktu, hemat bahan dan peralatan) dan efektif (berhasil guna).
Kata kunci:android, ketatausahaan, tenaga administrasi sekolah
Full Text:
PDFReferences
Amiruddin. (2017). Kinerja Pegawai Tata Usaha
dengan Mutu Layanan Administrasi. Jurnal
Kependidikan, 7(1), 126–145.
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idar
oh/article/download/2254/1685
Arisanti, A., Imanda, A., & Saputra, H. E. (2020).
Analisis Kualitas Kerja Pegawai Tata Usaha
Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bengkulu
Tengah. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan
Administrasi Publik, 7(1), 57–63.
https://doi.org/10.37676/professional.v7i1.10
E. J. (2016). Pengelolaan administrasi Sekolah. In
Modul Kepala Sekolah Pembelajaran
Kelompok Kompetensi 02 (p. 1). Jakarta:
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga
Kependidikan.
Fadilla, C. (2019). Administrasi Ketatausahaan
Sekolah. 18129288.
https://doi.org/10.31227/osf.io/vydsp
García Reyes, L. E. (2013). Journal of Chemical
Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hamid, A. (2019). Penerapan Teknik “APA” untuk
Meningkatkan Kemampuan Tenaga
Administrasi Sekolah dalam Menggunakan
Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal
Vidya Karya.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2008).
Permendiknas no. 24 tentang Tenaga
Administrasi Sekolah/Madrasah.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2009).
Panduan Kerja Tenaga Administrasi
Sekolah/Madrasah.
Mashoedah, M. (2019). Modul Pelatihan Kepala
Tenaga Administrasi Sekolah ( KTAS ).
November.
Muspawi, M., & Robi’ah, H. (2020). Realisasi
Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dalam
Peningkatan Pelayanan. Jurnal Manajemen
Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 232–239.
https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p232
Article Metrics
Abstract view : 146 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.