PKM Pelatihan Ketatausahaan Berbasis Android Bagi Tenaga Administrasi Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Maros

Sitti Habibah(1*), Muhammad Ardiansyah(2), Andi Mappincara(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak.Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Maros. Masalahnya
adalah: Identifikasi awal terhadap permasalahan yang dihadapi oleh mitra yakni para tenaga admnistrasi sekolah (tata
usaha sekolah) adalah sebagai berikut: (a) Sejak masa pandemic covid 19 melanda, banyaknya pekerjaan dan tugas
ketatausahaan terhambat dikarenakan kekurang pahaman tenaga administrasi sekolah dalam memanfaatkan perangkat
teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis android; (b) Laporan-laporan yang terkait dengan akses informasi
ke Dinas Pendidikan kerap mengalami keterlambatan karena ketidak mampuan dalam mengikuti ritme pekerjaan yang
begitu cepat harus diselesaikan; (c) Para tenaga administrasi sekolah sudah begitu familiar dengan perangkat android
namunbelummampudimaksimalkankebermanfaatannyadalammenunjangtugas-tugaspokokmereka;(d)
Kebutuhan pengembangan kompetensi teknis tenaga kependidikan/tenaga administrasi sekolah boleh di katakan
sangat jarang dilakukan mengingat porsi perhatian pemerintah masih berfokus kepada tenaga pendidik (guru). Sasaran
eksternal adalah para tenaga kependidikan (administrasi sekolah) pada jenjang SMP Negeri se Kabupaten Maros yang
diundang berdasarkan tingkat kebutuhan pengembangan kompetensinya. Adapun metode yang diguunakan adalah
dengan bentuk ceramah, simulasi (praktek),project work,dengan menggunakan perangkat android (hp, gadget,
laptop). Beberapa hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah (1) mitra telah mengembangkan kemampuan literasi
digital tenaga administrasi sekolah menengah pertama yang lebih baik, (2) mitra menjadi lebih keterampilan untuk
merancang dan menjahit aksesoris, (3) mitra lebih mampu meningkatkan produktivitasnya dalam bekerja meskipun
dilakukan dalam situasiwork from home(bekerja dari rumah), (4) Secara kualitas dan kuantitas pekerjaan-pekerjaan
administrasi sekolah dapat jauh lebih efisien (tepat waktu, hemat bahan dan peralatan) dan efektif (berhasil guna).
Kata kunci:android, ketatausahaan, tenaga administrasi sekolah

Full Text:

PDF

References


Amiruddin. (2017). Kinerja Pegawai Tata Usaha

dengan Mutu Layanan Administrasi. Jurnal

Kependidikan, 7(1), 126–145.

http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idar

oh/article/download/2254/1685

Arisanti, A., Imanda, A., & Saputra, H. E. (2020).

Analisis Kualitas Kerja Pegawai Tata Usaha

Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bengkulu

Tengah. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan

Administrasi Publik, 7(1), 57–63.

https://doi.org/10.37676/professional.v7i1.10

E. J. (2016). Pengelolaan administrasi Sekolah. In

Modul Kepala Sekolah Pembelajaran

Kelompok Kompetensi 02 (p. 1). Jakarta:

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga

Kependidikan.

Fadilla, C. (2019). Administrasi Ketatausahaan

Sekolah. 18129288.

https://doi.org/10.31227/osf.io/vydsp

García Reyes, L. E. (2013). Journal of Chemical

Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hamid, A. (2019). Penerapan Teknik “APA” untuk

Meningkatkan Kemampuan Tenaga

Administrasi Sekolah dalam Menggunakan

Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal

Vidya Karya.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2008).

Permendiknas no. 24 tentang Tenaga

Administrasi Sekolah/Madrasah.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2009).

Panduan Kerja Tenaga Administrasi

Sekolah/Madrasah.

Mashoedah, M. (2019). Modul Pelatihan Kepala

Tenaga Administrasi Sekolah ( KTAS ).

November.

Muspawi, M., & Robi’ah, H. (2020). Realisasi

Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dalam

Peningkatan Pelayanan. Jurnal Manajemen

Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 232–239.

https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p232


Article Metrics

Abstract view : 146 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.