PKM Pelatihan Pembuatan Video Hasil-Hasil Pengabdian bagi Dosen Pengabdi dan Staf LP2M UNM

Baso Indra Wijaya Aziz(1*), Abd. Aziz Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Peserta kegiatan pengabdian melibatkan para dosen pengabdi dan staf dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar dengan tujuan untuk memberikan keterampilan dasar pada teknik pengambilan gambar dan memaksimalkan fungsi dan fitur dari kamera yang digunakan. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah melatih cara melakukan pengambilan gambar dari mulai dari pemilihan resolusi, ukuran pengambilan, sudut pandang kamera, pergerakan kamera. Alat yang dapat digunakan antara lain kamera DSLR, kamera mirrorless, tablet, hingga smartphone. Sebagai tindak lanjut dari pelatihan maka dilakukan review hasil publikasi video pengabdian masyarakat universitas negeri makassar yang telah diunggah melalui kanal youtube.  Dari hasil pengamatan pada video hasil pengabdian ditemukan sejumlah koreksi, saran, dan masukan. Hasil yang dicapai peserta dalam pengabdian ini antara lain: 1). Menghasilkan video yang halus pergerakannya melalui teknik handheld dan menggunakan tripod. 2). Mampu mengatur exposure kamera sehingga akan menghasilkan gambar yang pas dan sesuai dengan pandangan mata manusia secara alamiah. 3).Memahami berbagai jenis teknik pengambilan gambar yaitu Extreme Close Up, Big Close Up, Close Up, Medium Close Up, Medium Shot, Full Shot, Long Shot, One Shot, Two Shot, dan Group Shot. 4). Memahami apa itu aspect ratio dan tujuan penggunaannya. Secara umum peserta mengetahui cara pengambilan video yakni dilakukan secara horisontal.5).Peserta pelatihan memahami cara meningkatkan kualitas audio pada perekaman video.  
 
Kata kunci: pengabdian masyarakat, gawai, pengambilan gambar

Full Text:

PDF

References


Baksin, A. (2009) Videografi, Operasi Kamera & Teknik Pengambilan Gambar. Bandung: Widya Padjadjaran. Cangara, H. (2014) Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Effendy, H. (2014) Mari Membuat Film. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia. Kindarto, A. (2016) Street Photography, Jurus Sakti Fotografi Jalanan

Terlengkap. Yogyakarta: Penerbit Andi. Muslimin, N. (2018) Bikin Film, Yuk! Tutorial Asyik Bikin Film Kamu Sendiri. Yogyakarta: Araska. Pintoko, Wahyu War; Umbara, D. (2010) How To Become A Cameraman. Yogyakarta: Interprebook. Pratista, H. (2017) Memahami Film. Yogyakarta: Montase Press. Stockman, S. (2011) How To Shoot Video That Doesn’t Suck. New York: Workman Publishing Company. Sutisno, P. C. S. (1993) Pedoman Praktis Penulisan Skenario Televisi dan Video. Jakarta: Grasindo.


Article Metrics

Abstract view : 129 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.